12 Peserta dari Asahan Ikuti Pelatihan Kompetensi Boording

oleh -525 views
Kadisnaker Asahan (Tengah) saat melepas peserta pelatihan. ORBIT/Amin

Kisaran-ORBIT: Sebanyak 12 orang peserta pelatihan kompetensi boording dilepas Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker).

Ke 12 peserta mengikuti pengembangan pelatihan Kompetensi Boording ke Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja di Medan, Senin (3/9/2018).

Hal tersebut disampaikan Kepala Disnaker Asahan, Jaya Prana Sembiring SH, MSi. Dimana para peserta akan mengikuti pelatihan selama 12 hari tepatnya mulai tanggal 3 sampai 15 September 2018.

“Tujuan Pelatihan Kompetensi Boording Untuk menggenjot program pemerintah dalam peningkatan kualitas dan daya saing tenaga kerja di Indonesia ini merupakan wujud konkrit dan upaya menciptakan tenaga kerja yang memliki kompetensi,” ujar Jaya Prana.

Kadisnaker menambahkan pelatihan kerja tersebut juga menitikberatkan pada penguasaan kemampuan kerja. Dimana kemampuan kerja yang dilatih mencakup pengetahuan, keterampilan dan sikap sesuai dengan standart kerja yang ditetapkan disetiap tempat kerja.

Lebih lanjut Jaya mengatakan, pemberian pelatihan secara teknis untuk mencetak tenaga kerja dilevel teknisi terutama dalam bidang listrik industry, las industry, mesin industry dan mekatronika.

“Jadi diharapkan para peserta pelatihan yang berasal dari Kabupaten Asahan nantinya dapat memiliki nilai kelulusan yang berkompetensi mampu dalam mengoperasikan peralatan dan mesin industry,” harapnya.

Selain itu peserta pelatihan diharapkan dapat merencanakan dan memimpin dalam pelaksanaan pekerjaan, analisis, troble shooting serta mampu melakukan komunikasi pekerjaan dengan operator dan enginer dengan baik.

Kedua belas peserta pelatihan ini mengikuti pelatihan sesuai dengan surat perintah tugas dari Kepala Dinas Ketenaga Kerjaan Kabupaten Asahan Jaya Prana Sembiring No. 3168/I-DTK/VII/2018 yang dikeluarkan pada tanggal 31 Agustus 2018.

Adapun 12 peserta yang mengikuti pelatihan adalah
1. Dewi Sahlia mengikuti pelatihan Bakery
2. Mila Gusniawati (Bakery), Nusrzannah (Bakery)
3. Rani Rahayu (Bakery)
4, Siska Septapiani (Bakery)
5. Frity Rahmayani mengikuti pelatihan Ticketing
6. Rahmat Akbar Sebayang (Ticketing)
7. Nanang Hidayat Nasution mengikuti pelatihan Teknik Oles
8. Fikrom Hadlansyah Sitorus (Teknis Oles)
9. Riza Alam Maulana Nasution mengikuti pelatihan Teknik Semprot
10. Zulfika (Teknik Semprot).
11. MHD Ade Fahreza Sagala (Ticketing)

Od-Amn