Aceh  

13 Peserta Karnaval di Tapaktuan Menampilkan Sejarah Kemerdekaan RI

ACEH SELATAN | Dalam rangka memeriahkan HUT ke 78 RI, 13 peserta karnaval menampilkan sejarah Kemerdekaan Republik Indonesia berlangsung Minggu (13/8/2023). Demikian ungkap Ketua Panitia H. Rustam kepada Orbitdigitaldaily. com.

Dari 16 gampong 3 gampong tidak mengikuti karnaval hanya 13 gampong yang ikut karnaval. Para peserta menampilkan atraksi di Jalan Merdeka Tapaktuan di depan panggung utama, disaksikan ribuan masyarakat Tapaktuan.

Peserta Karnaval diikuti oleh 13 gampong dalam Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan menampilkan atraksi aktraksi yang mengisahkan tentang sejarah kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 1945.

Dan berbagai atraksi diperankan oleh para peserta dari masing masing gampong yang telah di persiapkan jauh jauh hari dalam mengisahkan tentang perjuangan para pendahulu untuk kemerdekaan Republik Indonesia

Adapun 13 gampong yang mengikuti karnaval yang ikut memeriahkan HUT RI yang ke 78 yakni,1. Gampong Gunung Kerambil, ,2. Gampong Lhok Keutapang, 3.Gampong Hilir,4. Gampong Padang, 5.Gampong Pasar, 6.Gampong Tepi Air, 7.Gampong Hulu,8 Gampong Jambo Apha, 9.Gampong Lhok Bengkuang, 10. Gampong Panton Luas, 11. Gampong Lhok .Bengkuang Timur, 12.Batu Itam, dan 13.Lhok Rukam,

Panitia Karnaval penyelenggara HUT RI yang ke 78 ini memberi waktu kepada peserta sekitar 7 menit.

Muchsin selaku Wakil Ketua Panitia Lomba Penyelenggara HUT RI 78 Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan yang didampingi Lisa selaku dewan juri atas tim penilai kepada orbitdigitaldaily.com secara terpisah menyebutkan, para peserta karnaval dibarengi dengan komentator dari masing masing peserta untuk membacakan naskah tema yang diusung tentang perjalanannya atraksi dalam rangka memeriahkan HUT RI di Kecamatan Tapaktuan tersebut.

Atraksi Sejarah

Para peserta karnaval juga di dampingi oleh perangkat pemerintahan gampong masing masing termasuk keuchiknya

Peserta karnaval tampak menampilkan mobil perang, juga menampilkan berbagai atraksi, ada yang menampilkan kisah tentang perjuangan raja Lelo berperang melawan penjajahan Belanda, ,perang Teuku Cut Ali dan perang Teuku Umar di Meulaboh dan juga menampilkan Kapal Layar bak kapal Persia.

Dan para penonton meskipun disengatan matahari sangat antusias menyaksikan atraksi demi atraksi yang di perankan oleh para peserta karnaval yang menampilkan sejarah perjuangan merebut kemerdekaan RI dari penjajahan.

Tampak hadir Bupati Aceh Selatan Tgk Amran, Kapolres Aceh Selatan AKBP Nova Suryandaru SIK, Dandim 0107/Asel Letkol Inf Faiq Fahmi dan Pejabat Forkopimda SKPK serta para panitia penyelenggara HUT RI yang ke 78.

Bupati Tgk Amran juga ikut menyambut para peserta Karnaval dalam rangka memeriahkan HUT RI yang ke 78 yang disertai penghormatan dari ketua peserta karnaval kepada Bupati Aceh Selatan serta melaporkan untuk melaksanakan atraksi sesuai dengan judul tema yang diperankan oleh para peserta karnaval.

Reporter : YUNARDI. M. IS