Medan

2019, Kewenangan Kebersihan kembali ke Dinas Kebersihan dan Pertamanan

Medan ORBIT: Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan Muhammad Husni menegaskan kewenangan penanganan kebersihan akan diambilalih Dinas Kebersihan yang selama ini dipegang oleh pihak kecamatan.

Hal itu disampaikan Husni kepada wartawan Jumat (7/12/2018) di kantor walikota Medan.

Dijelaskan Husni dengan diambilalihnya kewenangan kebersihan dari kecamatan ke dinas kebersihan diharapkan peningkatan kebersihan di Kota Medan bisa berjalan dengan maksimal. ”Dengan pengambilalihan wewenang ini maka Dinas Kebersihan akan lebih mudah melakukan perintah terhadap petugas kebersihan yang ada karena hirarki tugasnya samakin jelas,” kata Husni.

Husni menjelaskan Pemko Medan sampai saat ini belum memiliki TPA yang permanen. Hanya ada satu TPA yakni Terjun yang luasnya 12 hektar. ”Fungsi TPA Terjun itu hanya sebagai wadah pengumpul padahal sesuai dengan program nasional TPA itu harus 70 persen dikelola dan 30 persen dibuang. Nah 2019 nanti 70 persen sampah itu akan kita olah yang dimulai dari bank sampah yang ada di lingkungan masing masing . TPA Namobintang akan kita jadikan sebagai pusat pengolahan sampah  itu,” sebut mantan Kadispenda Kota Medan ini .

Dijelaskan Husni dalam mengelola sampah peran masyarakat sangat penting karena semakin tinggi tingkat kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan maka akan mempermudah bagi Dinas Kebersihan dan Pertaman akan semakin baik.

Husni juga mengungkapkan saat ini Dinas Kebersihan dan Pertamanan kekurangan moda angkutan. Idealnya sebut Husni moda angkatan sampah ini harus bisa membackup seluruh lingkungan yang ada di Kota Medan.  “Saat ini ada moda angkutan becak sampah 500 unit yang sudah siap mengangkat sampah dari gang ke TPA meskipun itu masih kurang,” sebut Husni lagi. Or-03

Komentar Facebook

Artikel Terkait