Pesan Bupati Asahan : ASN Harus Terapkan Nilai-nilai Pancasila dalam Kinerja

oleh -198 views
Bupati Asahan H Surya BSc Jadi Irup Hari Kesaktian Pancasila

KISARAN – Bupati Asahan, H Surya BSc bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) pada upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang berlangsung di halaman Kantor setempat, Selasa (1/10/2019).

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019 ini mengangkat Tema “Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia”.

Dalam amanahnya, Surya menyampaikan harapan agar ke depan para ASN semakin menyadari diri bagaimana nilai-nilai Pancasila diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk juga dalam kehidupan sehari-hari.

“Selain itu, nilai-nilai Pancasila juga harus diterapkan dalam menjalankan pemerintahan di Kabupaten Asahan serta harus ditanamkan dan dijunjung tinggi oleh anak-anak atau generasi penerus bangsa yang akan datang nantinya,” ungkapnya.

Dalam upacara peringatan Kesaktian Pancasila ini, Ketua DPRD Asahan H Baharrudin Harahap SH membacakan ikrar Hari Kesaktian Pancasila dan menandatangani ikrar tersebut.

Adapun ikrar tersebut, pertama, bahwa sejak diproklamasikan kemerdekaan negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada tanggal 17 Agustus 1945, telah terjadi banyak rongrongan baik dalam maupun luar negeri.

Kedua, bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara.

Ketiga, bahwa dengan semangat kemerdekaan yang dilandasi dengan nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya NKRI.

“Maka dihadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk mempertahankan dan mengamankan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan, menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan, demi keutuhan NKRI,”kata Baharuddin.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini turut dihadiri unsur Forkopimda, Ketua DPRD, Ketua Pengadilan Negeri Kisaran, asisten, dan kepala OPD serta sejumlah tokoh masyarakat, OKP dan tokoh agama.

Reporter : Suheri