Sumatera Utara

9 Tempat Wisata Bakal Dikembangkan Pemkab Labuhanbatu

Rantauprapat-ORBIT: Untuk menggali dan mengembangkan potensi wisata di Labuhanbatu Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) menggelar rapat, Senin (16/7/2018).

Selain itu, guna mendorong meningkatnya perekonomian berbasis daerah, serta menjalankan program visi dan misi Bupati Pangonal Harahap yang ingin menjadikan Labuhanbatu semakin hebat dan lebih berdaya di bidang pariwisata daerah.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Labuhanbatu Hobol Zulkifli Rangkuti pada saat membuka acara rapat, yang berlangsung di kantor Balitbang, menyampaikan, pihaknya sudah telah dilakukan pelaksanaan survei lokasi, observasi dan pengambilan dokumentasi serta wawancara di lapangan .

“Pelaksanaan dilakukan di beberapa tempat, di antaranya Kecamatan Rantau Selatan, Bilah Barat, Panai Tengah dan Panai Hilir, dengan total 9 tempat wisata yang akan dikembangkan dengan lintas sektoral terkait, seperti, Dispora Budpar, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas PU & PR,” ungkap Hobol.

Jhoni Sitorus selaku perwakilan Balitbang Provinsi Sumatera Utara menambahkan, pihak Litbang daerah harus memperhatikan latarbelakang tempat wisata, dasar formatnya peraturan Kemendagri 2017.

Pengembangan potensi wisata juga harus memperhatikan sumber daya manusia yang dibutuhkan, dan sumber daya alam lainya untuk dikembangkan.

Di sisi lain, staf ahli bidang Ekonomi dan Pembangunan Labuhanbatu Ir Esty Pancaningdyah berpendapat, gambaran tentang lokasi dan rincian objek wisata serta kepemilikanya harus jelas, guna mengetahui perbatasan tempat lokasi dengan tanah milik penduduk setempat.

Rapat tersebut diharapkan dapat mengoptimalkan tata kelola daerah dalam bidang pariwisata di Labuhanbatu, serta memperbaiki kehidupan ekonomi masyarakat dan pembangunan di daerah. Od-28

Komentar Facebook
Menampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button