Aceh  

Aceh Selatan Raih Penghargaan Proklim Utama Dari Kementerian LH dan Kehutanan RI

ACEH SELATAN | Berdasakan Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor : SK.1084/MENLHK/PPI/PPI.0/10/2022, tanggal 13 Oktober 2022, salah satu desa/kampung di kabupaten Aceh Selatan memperoleh penghargaan sebagai Desa Pro Iklim (ProKlim) dari Kementerian LHK tahun 2022.

Sesuai dengan SK Menteri LHK tersebut, Kampung Durian Kawan Kecamatan Kluet Timur dinyatakan sebagai salah satu peraih penghargaan ProKlim Utama tingkat Nasional tahun ini.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Masrizar S.Hut M.Si, Selasa (1/11/2022) mengatakan, Gampong Durian Kawan, Kec. Kluet Timur meraih ProKlim Utama, dan mendapatkan trophy, Apresiasi serta insentif, untuk kedepan kita akan usahakan menjadi proklim lestari”, sebut Kadis.

Dikarenakan Program Kampung Iklim adalah program bertaraf Nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi GRK.

“Alhamdulillah, Tahun 2022 Pemkab Aceh Selatan melalui DLH melakukan pendampingan serta Penyerahan apresiasi dari pemerintah pusat akan dilaksanakan bersamaan dengan Festival Iklim dan juga peraih Adipura, Kalpataru,” ungkap beliau.

Bupati Aceh Selatan Tgk.Amran memberikan apresiasi atas penghargaan proklim utama tingkat nasional tahun 2022, hal tersebut untuk dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan dimasa mendatang, ucap Beliau.

Hal tersebut di sampaikan Tgk.Amran di Hall Pendopo Bupati Aceh Selatan, Selasa (01/11), yang turut di hadiri Sekretaris Daerah, Cut Syazalisma, S.STP, Para Asisten, Kepala SKPK serta undangan lain dalam rangka tindak lanjut dari penyerahan penghargaan proklim utama tingkat nasional tahun 2022 yang di terima Kabupaten Aceh Selatan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia di Jakarta beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Kadis DLH Kabupaten Aceh Selatan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak termasuk Pemerintah Kecamatan/Forkopimcam dan Pemkab Aceh Selatan, serta seluruh stakeholders yang telah bersama-sama mendukung ProKlim”, pungkas Masrizar.

Reporter : Yunardi