Alhamdulillah, Pasien Rawat Jalan Penderita MR di RS Adam Malik Menurun

oleh -292 views
Vaksin Measles-Rubella.

Medan-ORBIT: Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik pada 2018 ini menangani delapan pasien rawat jalan yang menderita Measles Rubella (MR).

Kasubag Humas RSUP H Adam Malik, Rosario Dorothy Simanjuntak SSos MIKom mengatakan selama 2018 pihaknya merawat delapan pasien rawat jalan yang menderita penyakit MR. “Kedelapan pasien tersebut terdata di awal Januari 2018 sampai sekarang ini,” kata Rosa kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (17/9/2018).

Rosa menyebutkan pasien yang menderita Measles sebanyak enam orang, sedangkan Rubella sebanyak dua orang. Usia pasien ada pada rentang usia baru lahir sampai 11 tahun.

“Kedelapan pasien rawat jalan tersebut dari warga Provinsi Sumut yakni Pematangsiantar, Deliserdang, Kota Medan, dan Karo,” sebut Rosario.

Sementara pasien MR yang dirawat inap dan rawat jalan selama 2017 sebanyak 31 orang yang terdiri dari Measles 16 orang dan Rubella 15 orang. “Dari data pasien MR yang ditangani di rumah sakit ini menurun dibandingkan data 2017,” ujarnya.

Dengan adanya program dari pemerintah terkait suntik vaksin MR kepada anak usia sembilan bulan sampai 15 tahun, Rosario mengharapkan penyakit MR di Provinsi Sumut tidak ditemukan lagi. Om -nis