Ambruk, Begini Kondisi Pemecah Ombak Seharga Miliaran di Pantai Jilbab

oleh -561 views
Pemecah ombak di kawasan wisata Pantai Jilbab Desa Kedai Susoh. ORBIT/Only

Abdya-ORBIT: Break water (pemecah ombak) di kawasan wisata Pantai Jilbab Desa Kedai Susoh, Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) ambruk. Tanggul yang baru setahun dengan nilai kontrak miliaranĀ  itu ambruk diterjang ombak, Senin(30/7/208).

Dari informasi yang dihimpun, proyek pekerjaan yang bersumber anggaran dari APBA 2017 melalui plot anggaran di Dinas Pengairan Aceh, diduga karena konstruksi yang salah dan tidak kokoh, sehingga saat terjadi ombak pasang beberapa hari lalu ambruk.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Abdya melalui Kabid Sumber Daya Air Dan Penataan Ruang HDin Armaya ST melalui saluran selulernya mengatakan, proyek pembangunan break water itu bukan wewenang pihaknya.

“Itu bukan wewenang kita, kita sudah mengecek memang sudah ambruk, silahkan tanya ke Dinas Pengairan Aceh,” sebut Din Armaya.

Namun, sebutnya, terkait dengan peristiwa itu, pihaknya juga telah melaporkan ke pimpinan. “Masalah itu telah kita laporkan ke pimpinan,” singkat Armaya.

Terpisah, Keuchik Kedai Susoh Sabri mempertanyakan, pembangunan pemecah ombak yang setahun dibangun sudah rusak, padahal diketahui di sebelahnya juga ada pemecah yang sudah dua tahun dibangun tetapi tidak apa-apa walaupun dihantam gelombang pasang.

Lanjut Sabri lagi, yang terlihat saat pemecah ombakĀ hancur adalah struktur batunya yang dipasang kurang besar atau memang sudah begitu adanya. “Kami minta dinas terkait provinsi segera menindak lanjuti hal ini, karena imbasnya tempat wisata dan pemukiman warga,” singkat Sabri. On-07