Atasi Kemacetan Jalur Pariwisata, Dinas BMBK Provsu Akan Bangun Jalan Alternatif di Tongkoh

oleh -101 views
Salah satu rambu/plang petunjuk jalur alternatif mengatasi kemacetan lalulintas di kawasan Tongkoh Berastagi

TANAH KARO – Guna mengurai kemacetan lalulintas menuju titik-titik objek wisata di kawasan Berastagi yang kerab terjadi pada hari-hari besar dan Minggu, Dinas Bina Marga Bina Konstruksi (BMBK) Provinsi Sumatera Utara wacanakan bangun jalan alternatif di jalur pariwisata dengan konsep simpang tiga.

Hal itu dikatakan Kadis Bina Marga Bina Konstruksi (BMBK) Provinsi Sumatera Utara Ir HM Arman Effendi Pohan saat meninjau jalan provinsi di sekitar Tugu Jeruk kawasan Tongkoh, Jumat (17/7/2020).

Menurutnya, jalan provinsi khusus mulai dari titik Tugu Jeruk simpang Tongkoh menuju Desa Basam direncanakan akan dibangun jalan memotong(alternatif) di tahun anggaran 2020 ini, untuk mengatasi kepadatan dan kemacetan lalulintas. Sehingga jika kenderaan datang dari arah Medan yang selama ini melintas melalui simpang Tongkoh menuju desa Basam, untuk selanjutnya tidak lagi melalui jalur ini lagi, tetapi melalui jalur baru (alternatif) yang akan dibangun tahun mendatang.

Baca juga : Ketua DRPD Sumut dan Bupati Terkelin Survey Jalan Provinsi Yang Longsor di Barusjahe

“Konsep strategi ini tujuannya, untuk memperluas ruang gerak jalan agar bagi setiap kenderaan yang menuju Berastagi dari arah Medan tidak terganggu lagi, sebab sudah ada konsep jalur simpang tiga yang kita wacanakan untuk dibangun tahun 2021,” terangnya.

“Pembangunan jalan alternatif Simpang Tiga ini, juga sekaligus berfungsi mengurai kemacetan sekitar jalur Tongkoh. Dan untuk pelepasan lahan, pihak BMBK sudah melakukan penjajakan dengan pihak Pemprovsu, sebab ada lahan yang terkena milik Dinas Pertanian Provsu dan Dinas Kehutanan Provsu. Saat ini prosesnya sudah masuk dalam tahap koordiansi,” ucap Pohan.

Baca juga : Mencegah Jatuhnya Korban Jiwa, DPRD Sumut Minta Perbaikan Jalan Longsor Tongkoh-Basam Disegerakan

Menyahuti Kadis BMBK Provsu Arman Efendy Pohan, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH mengatakan, pihaknya siap mendukung wacana pembangunan jalan dengan memotong jalur yang sudah ada. Karena kita tau rencana itu sangat bermanfaat bagi pengguna jalan untuk mengurangi kemacetan di kawasan Tongkoh.

“Guna memperlancar urusan adminitrasi sehingga terwujud jalur segitiga yang direncanakan itu, Pemkab Karo siap mendukung sepanjnag masih dalam kewenangannya,’ ujar Terkelin.

Reporter : Daniel Manik