BPPRD Vs Dishub Medan ‘Rebutan’ Setoran Parkir di Tomang Elok

oleh -174 views

MEDAN – Lahan parkir di Kompleks Pertokoan Tomang Elok jadi ‘rebutan” antara Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah ( BPPRD) dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan.

Informasi diperoleh orbitdigitaldaily.com Senin (29/6/2020) BPPRD Kota melalui SK Kepala BPPRD Kota Medan Suherman SE, MSi, Nomor 973.SI/Peng/109/2020 mengukuhkan Aris Harianto, sebagai Wajib Pajak Daerah (WPD) Pajak Parkir dengan Nomor WPD 600212941601 di Tomang Elok tanggal 9 Maret 2020.

Namun belum sebulan berjalan sudah terjadi kekisruhan dimana pihak Dishub Medan mengklaim yang mengelola lahan parkir di kawasan Pertokoan Tomang Elok tersebut, hingga akhirnya Sekda Kota Medan mengumpulkan Kadishub Medan dan Kepala BPPRD untuk bertemu di ruang rapat II Kantor Walikota Medan pada Tanggal 29 Mei 2020.

Hasil dalam rapat itu pengelolaan parkir dikembalikan ke pihak Dishub Medan. Penyerahan pengelolaan parkir dari BPPRD Medan ke Dishub Medan ditandai dengan keluarnya surat dari Kepala BPPRD Medan Suherman SE, MSi dengan Nomor 973.SL./114 tanggal 2 Juni 2020 yang ditujukan kepada Dishub Medan.

Anehnya penyerahan pengelolaan lahan parkir Tomang Elok dari BPPRD ke Dishub Medan dalam surat Kepala BPPRD Medan itu hanya berdasarkan hasil Rapat 29 Mei 2020 di ruang Rapat II Kantor Walikota Medan Pukul 10.00 Wib tanpa menyebutkan payung hukum seperti Perda atau Perwal.

Kepala BPPRD Medan Suherman SE, MSI ketika dikonfirmasi terkait persoalan ini hingga berita ini ditayangkan belum memberikan jawaban.

Kasubdis Teknis Bidang II BPPRD Medan Sutan Partahi ketika dikonfirmasi mengakui bahwa pengelolaan parkir sudah diserahkan ke Dishub Medan sesuai hasil rapat yang digelar Mei lalu.

Sutan mengakui pihaknya sudah mengeluarkan SK PWD Parkir di Tomang Elok namun belum sempat dijalankan karena sudah diserahkan ke Dishub.

Sebelumnya Jumat (26/6/2020) Kadishub Medan Iswar di dampingi Plh Kabid Parkir Burhan Harahap mengakui selama inj mereka yang mengelola lahan parkir di Tomang Elok.cr-03