Bupati Deliserdang Ikuti Diskusi Interaktif Peningkatan Akses Air Minum dan Sanitasi Aman Berkelanjutan

Medan |

Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan ikuti acara diskusi interaktif dan seruan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) tentang peningkatan akses air minum dan sanitasi aman yang diadakan US Agency for International Development (USAID), Kamis (8/4/2021), di Hotel Grand City Hall Medan.

Acara itu juga sekaligus menandakan Program Indonesia Urban Water Sanitation and Hygiene Penyehatan Lingkungan Untuk Semua (IUWASH PLUS) yang telah telah hadir selama lima tahun di Indonesia, salah satunya di Provinsi Sumatera Utara (Provsu).

Direktur Kantor Lingkungan USAID Indonesia , Matthew Burton dalam sambutannya mengatakan, selama lima tahun pelaksanaannya ,  USAID IUWASH PLUS telah bekerja sama dengan pemerintah Indonesia yaitu, sektor swasta, kelompok masyarakat, dan mitra lainnya di 35 Kabupaten dan Kota yaitu Provinsi, Sumatra Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Maluku, Maluku Utara, dan Papua, serta DKI Jakarta dan Kabupaten Tangerang.

Untuk Sumatera Utara (Sumut), kata Matthew Burton, USAID IUWASH PLUS menyelesaikan pelaksanaan programnya di lima Kabupaten dan Kota yaitu, Kota Medan, Kabupaten Deliserdang, Kota Pematangsiantar, Kota Tebing Tinggi, dan Kota Sibolga pada bulan Maret 2021.

Berdasarkan data capaian, sambung Direktur Kantor Lingkungan  USAID Indonesia, USAID IUWASH PLUS per April 2021 di Sumut sebanyak 130.255 orang mendapat layanan air minum layak melalui sambungan baru PDAM

Dimana, Matthew Burton menjelaskan,  50.180. Di antaranya dari kelompok penduduk dengan tingkat kesejahteraan 40 persen terendah (B40). Selain itu, 59.485 orang mendapat akses sanitasi aman dan 29.400 orang mendapat akses sanitasi layak serta 17.480  masuk dalam kelompok B40″, jelasnya.

Sementara, Direktur Perumahan dan Permukiman Bappenas Tri Dewi Virgiyanti mengatakan, komitmen kuat Pemerintah Indonesia dan peran Usaid Iuwash Plus akan kontribusinya dalam mencapai target mencapai Tujuan Pembangunan Perkelanjutan / Sustainable Development Goals (TPB/SDGs) pada tahun 2030 mendatang.

‘USAID IUWASH PLUS telah mendukung komitmen Pemerintah Indonesia dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDGs), yakni memastikan ketersediaan dan manajemen air minum dan sanitasi aman yang berkelanjutan bagi semua.

Sedangkan Gubsu Edy Rahmayadi menyampaikan ucaoan terimakasih kepada pihak USAID IUWASH PLUS, yang turut memberikan bantuan dan dukungan kepada lima daerah terkait air bersih.

“Kita menyadari kualitas dan kwantitas air di Sumut perlu pembenahan berkelanjutan. Apalagi sumber air terutama di Kota Medan melimpah dengan adanya 5 aliran sungai”, ujarnya.

Artinya, ungkap Gubsu, pembenahan dan kesadaran masyarakat untuk ikut serta memelihara sumber air sangat perlu didisplinkan.

Selain Gubsu Edy dan Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan, hadir juga dalam acara mewakili empat kepala daerah lainnya yaitu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provsu R Sabrina dan Chief of Party USAID IUWASH PLUS William Parente dan juga hadir secara virtual Acting Principal Officer Konsul Amerika Serikat di Medan Jessica Panchatha.

Reporter : Dodi Hamzah Pohan