Bupati: PKH Hanya untuk yang Membutuhkan

Batubara-ORBIT:  Penerima bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) harus keluarga yang benar- benar membutuhkan dan layak mendapatkan PKH.

Demikian ditegaskannya Bupati Batubara Zahir melalui Kadis Sosial Bahrumsyah pada sosialisasi pendataan ulang penerima bansos PKH di aula kantor Desa Mangkai Lama, Lima Puluh, Selasa (12/02/2019) petang.

Terkait pendataan ulang, Bahrumsyah meminta Kepala Desa dan Lurah serta jajarannya dan pendamping PKH agar melakukan pendataan secara cermat. “Hanya yang benar-benar membutuhkan dan layak yang didata,” tegasnya.

Namun kata Bahrumsyah, 2019 masing-masing penerima PKH akan mendapat dana yang berbeda- beda. Kalau untuk ibu ibu hamil Rp2,4 juta, ibu-ibu memiliki balita Rp2,4 juta/ per orang balita, dan ibu-ibu memiliki anak sekolah tingkat SD Rp900.000/ anak.

Sementara bila memiliki anak yang sekolah tingkat SMP Rp1,5 juta/ anak dan tingkat SMA sederajat mendapat Tunjangan Pendidikan (TP) 2 juta/ anak. Untuk lansia dan disabilitas Rp2,4 juta.  Sedangkan  anak yang ditanggung dalam PKH maksimal 4 orang.

Pada pendataan ulang penerima bansos PKH dihadiri Waka Polres Batubara Kompol Herwansyah Putra, SH MSi, Plt, Kanit ekonomi Polres Batubara Aiptu Wadin, KBO Binmas Ipda A.Sagala, Kades Mangkai Lama Sugiono, AMPd, para Kadus dan perangkat desa lainnya.

Bahrumsyah kembali  menjelaskan,  sejalan dengan program pemerintah RI yang menginginkan keluarga penerima PKH adalah keluarga pra sejahtera atau miskin.

Sementara Kapolres Batubara AKBP Robin Simatupang, SH. M. Hum melalui  Waka Polres Batubara Kompol Herwansyah Putra, SH MSi menegaskan, terkait pendataan ulang penerima PKH, Polres Batubara akan terus melakukan pengawasan.

“Polres akan awasi pendataan ulang untuk menjamin keluarga yang benar-benar layak yang akan menerima PKH,” jelas Herwansyah.

Sebelumnya pada beberapa pertemuan kedinasan maupun pertemuan dengan warga, Bupati Batubara Ir. Zahir, MAP secara tegas telah menginstruksikan jajaran Pemkab Batubara untuk mendata keluarga yang benar-benar membutuhkan. Od-37