Calon Kades Ramai-Ramai Tes Ngaji

oleh -94 views
Tes uji mampu baca Alquran Calon Kepala Desa dilaksanakan di Masjid Nurul Makmur Pulo Sarok Singkil, Senin (16/9/2019).

ACEH SINGKIL-Sebanyak 79 calon Kepala Desa (Kepala Kampong) di Kabupaten Aceh Singkil mengikuti uji mampu baca Alqur’an (mengaji) di Masjid Nurul Makmur, Desa Pulo Sarok, Senin (16/9/2019).


Tes uji baca Alqur’an yang dilaksanakan Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil merupakan serangkaian syarat para Calon Kepala Desa yang akan dilaksanakan pemilihan Kades di 27 desa Aceh Singkil November mendatang.


Ketua tim seleksi baca Alqur’an Salihin Mizal diwakili Kasi Bimas Hendra Sudirman mengatakan, sebanyak 80 calon kepala desa yang telah mendaftarkan diri.


Namun, seorang diantaranya telah mengundurkan diri yakni Calon Kades Desa Teluk Ambun. Sehingga pesta demokrasi di tingkat desa diikuti sebanyak 79 kepala desa.


Begitupun katanya, dari jumlah 27 desa yang akan menyelenggarakan pemilihan pimpinan desa itu, calon Kades non muslim disalah satu desa mayoritas di Kecamatan Pulau Banyak Barat (PBB) tidak mengikuti tes mengaji. “Tes mengaji tidak ikut, namun tetap mengikuti prosedur lainnya sebagai syarat calon Kecik,” ucap Hendra.


Dijelaskannya, panitia tim penguji tes baca Alqur’an terdiri dari 11 orang yang keseluruhannya dibawah jajaran Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil, yang terbagi menjadi tiga kelompok penilaian.
“Teknis ujiannya, masing-masing peserta dipanggil satu-persatu dan diuji untuk membacakan surat Albaqarah, mulai ayat 100 sampai tim penguji menyuruh berhenti,” sebutnya.


Sementara sistem penilaiannya dinilai dari tiga bidang. Yakni, panjang pendek, tartil, dan adab selama baca ayat-ayat suci Alqur’an.

Sedangkan passing grade (ambang batas) minimal nilai dengan poin 45 dari nilai 100 sampai penguji yang memberhentikan peserta membaca ayat.


“Saat ini tim penguji baca Alqur’an setiap peserta dari Kementerian Agama, sudah permanen, sehingga Kedepan kami harapkan bukan cuma kades yang diuji, tapi juga jajarannya, seperti Kepala Urusan Umum, Kepala Dusun/RT/RW,” ujar Hendra.

Reporter : Saleh