Cegah Covid-19, Kapolres dan Bupati Aceh Selatan Himbau Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

oleh -224 views
Patroli Polres Aceh Selatan saat menggelar operasi menghimbau kepada masyarakat untuk mematuhi mentaati peraturan protokol kesehatan disalah satu warung di kawasan Lhok Keutapang Tapaktuan

ACEH SELATAN –Akibat terus meningkatnya Pandemi Covid 19 di Kabupaten Aceh Selatan Kapolres Aceh Selatan AKBP Ardanto Nugroho SIK,SH,MH lewat mobil patroli menghimbau kepada masyarakat Tapaktuan dimana saja berada agar untuk mentaati dan mematuhi peraturan protokol kesehatan yang berlangsung Kamis (6/8/2020) malam karena hal ini untuk mencegah ketularan virus corona yang terus mewabah khususnya Tapaktuan dan pada umumnya Aceh Selatan.

Demikian juga dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyebaran pendemi corona virus atau Covid-19, Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran juga kembali mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dalam setiap kegiatan publik.

Hal ini disampaikan Tgk Amran, Jumat (7/8/2020) dalam himbauanya pemerintah daerah pencegahan gelombang transmisi lokal Covid-19, terkait meningkatnya kasus terkonfirmasi Positip Covid-19 di Kabupaten Aceh Selatan.

Bupati menghimbau agar setiap berinteraksi dalam kegiatan apapun wajib menggunakan masker, tidak bersalaman dan menjaga jarak selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas, agar wabah Covid-19 dapat diminimalisir penyebarannya. Karena Covid-19 bisa menyerang siapa saja, kapan saja dan di mana saja.

Bupati Aceh Selatan Tgk Amran dengan mengenakan masker

Kepada aparatur Desa, lanjut Tgk Amran, agar proaktif memberikan informasi tentang kondisi terkini warganya kepada satgas Covid-19, apalagi adanya warga pendatang atau pelaku perjalanan serta mengaktifkan kembali pos-pos Covid-19 yang telah ada di setiap Desa.

“Kepada warga yang telah terpapar covid-19 tanpa gejala, kami harapkan segera melapor kepada satgas untuk dilakukan tindakan isolasi mandiri di tempat yang telah disiapkan pemerintah daerah,” pesannya.

Lebih lanjut, Tgk Amran juga menghimbau kepada para dokter dan para tenaga medis Rumah Sakit Umum Daerah dr. Yuliddin Away Tapaktuan, senatiasa melayani pasien yang memerlukan tindakan darurat dengan tidak mengabaikan standar operasional prosedur.

“Jika ada pasien yang meninggal dunia menunjukkan gejala covid-19 dilakukan standar operasional pemulsaran jenazah dengan tidak mengesampingkan fardhu kifayah secara islami dan Satgas Covid -19 harus melakukan tracking langsung kepada orang-orang terdekat yang berinteraksi erat dengan pasien yang terpapar,” ujar Tgk.Amran.

Terakhir Bupati juga meminta dukungan semua pihak terutama masyarakat Aceh Selatan agar benar – benar mematuhi protokol kesehatan agar jangan lagi ada penambahan kasus covid-19 di Kabupaten Aceh Selatan ini tutupnya.

Reporter Yunardi MIS