Cuaca Bangun-Agen Morgan Purba Terancam Gagal Ikut Pilkada Karo 2020

oleh -2.058 views

TANAH KARO – Pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Karo dari jalur perseorangan yaitu Cuaca Bangun dan Agen Morgan Purba, terancam gagal mengikuti Pilkada Karo 2020.

Pasalnya, salah satu calon atas nama Agen Morgan Purba yang didaftarkan dan telah melewati tahapan verifikasi administrasi sebagai bakal calon Wakil Bupati Karo mendampingi Cuaca Bangun dalam Pilkada Karo 2020 yang akan digelar pada 9 Desember 2020 mendatang, akan mengundurkan diri.

Hal ini dikatakan Maswan Kemit didampingi Tenang Purba dan Julius Depari, yang ketiganya merupakan tim sukses dari bakal calon Wakil Bupati Karo Agen Morgan Purba, saat melakukan Konfrensi Pers di jalan Padang Mas Kabanjahe, Kamis (20/8/2020).

Menurut mereka, secepatnya akan mengirimkan surat pengunduran diri atas nama Ir Agen Morgan Purba ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karo.

“Segera surat pengunduran diri itu kita sampaikan kepada pihak KPU Karo untuk diproses selanjutnya,” tegas Maswan Kemit kepada orbitdigitaldaily.com.

Disinggung dengan mundurnya Ir Agen Morgan Purba sebagai bakal calon Wakil Bupati Karo, bagaimana nasib Cuaca Bangun sebagai bakal calon Bupati Karo nantinya.

“Sesuai PKPU 2020 otomatis gagal lah,” katanya.

Diketahui, Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) RI Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3 Tahun 2017 Tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

Pada pasal 33 ayat 1 yang berbunyi, bakal pasangan calon perseorangan atau salah satu bakal calon perseorangan yang mengundurkan diri sejak verifikasi administrasi sampai dengan rekapitulasi jumlah dukungan dinyatakan tidak lagi memenuhi syarat dan tidak dapat diganti dengan calon lain.

Reporter: David Kaka