Dalang Belum Ditangkap, Keseriusan Polres Karo Tangani Illegal Logging Siosar Dipertanyakan

oleh -326 views
Alat berat dan truk barang bukti illegal logging di Siosar yang belum dapat diungkap pemiliknya oleh Polres Tanah Karo.

Karo-ORBIT: Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Komite Pemantau Kinerja Pemerintah (KPKP) Ikuten Sitepu angkat bicara terkait penanganan kasus perambahan hutan (illegal logging) di Siosar oleh Polres Tanah Karo yang dianggap kurang serius.

Ikuten mengatakan, sudah seharusnya pihak kepolisian dapat mengungkap siapa dalangnya dan siapa saja yang terlibat dalam kegiatan illegal logging di Siosar, dan bukan hanya menetapkan satu orang sebagai tersangka yaitu Parmen Pakpahan (PP). Seharusnya pihak Polres Karo lebih serius menangani kasus ini, karena yang dirambah adalah hutan negara.

“Secara umum, sudah pasti ada yang menyewakan alat dan ada yang menerima hasil pencurian kayu atau penadah. Apalagi tersangka sudah ditangkap, justru sudah semakin mudah bagi pihak kepolisian untuk mengungkap kasusnya,” tegas Ikuten di Kabanjahe, Senin (6/8/2018).

Sebelumnya, Kanit Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Polres Tanah Karo Iptu A Nainggolan yang dikonfirmasi wartawan di halaman Mako Polres Tanah Karo menyebutkan, tersangka PP ketika diperiksa hanya mengakui bahwa dia sendiri melakukan kegiatan illegal logging tersebut. Pemilik alat berat dan truk pengangkut kayu yang disewa pun semua tidak dikenal oleh tersangka menurut Kanit.

“Tersangka ini sepertinya pasang badan, dia hanya mengakui perbuatan itu sendiri. Dan sampai saat ini kita belum berhasil mengungkap siapa pemilik alat dan siapa penadah kayu curian itu,” ujar Nenggolan.

Menurut Nenggolan, segala kegiatan peminjaman alat, pengiriman dan pembayaran kayu semua dilakukan melalui telepon. Dan menurutnya lagi, tersangka sebelumnya sempat bekerjasama dengan seorang oknum yang berinisial LT.

Ditambahkan, Kapolres Tanah Karo sempat bingung ketika dia menyampaikan bahwa dalam kasus tersebut hanya menetapkan satu tersangka dan belum dapat mengungkap siapa pemilik alat dan penadah kayu. Od-Vid/Bam.