Aceh  

Dandim 0104/Aceh Timur Pimpin Upacara Harlah Pancasila Kota Langsa

Upacara Harlah Pancasila Kota Langsa

LANGSA | Komandan Distrik Militer (Dandim) 0104/Aceh Timur, Letkol Inf Tri Purwanto, S.I.P., memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang berlangsung di Pendopo Walikota Langsa. Sabtu. 01 Juni 2024.

Upacara yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Langsa ini mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045.”

Acara yang dihadiri sekitar 150 orang dari berbagai elemen masyarakat dan instansi terkait ini berlangsung khidmat di Jalan WR Supratman, Gampong Jawa, Kecamatan Langsa Kota. Dalam upacara tersebut, juga dibacakan naskah pidato Kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila RI yang mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045.”

Dalam sambutannya, Letkol Inf Tri Purwanto menekankan pentingnya Pancasila sebagai panduan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Ia mengajak seluruh komponen bangsa untuk membumikan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari, guna memperkokoh persatuan dan kesatuan menuju Indonesia Emas 2045.

“Pancasila bukan hanya sekedar dasar negara, tetapi juga jiwa pemersatu bangsa. Mari kita bersama-sama membumikan nilai-nilai Pancasila dan menjadikannya sebagai pedoman dalam setiap langkah kita menuju Indonesia Emas 2045,” ujar Letkol Inf Tri Purwanto.

Pesan yang disampaikan dalam pidato tersebut menekankan bahwa Pancasila harus terus hidup dan menjadi landasan dalam setiap kebijakan dan tindakan masyarakat Indonesia. Hanya dengan memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila, Indonesia dapat mencapai cita-cita sebagai bangsa yang maju, adil, dan makmur.

Kegiatan ini juga menjadi momen refleksi bagi seluruh peserta untuk mengingat kembali pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di tengah dinamika global yang terus berkembang.

Hadir dalam kegiatan tersebut Pj. Walikota Langsa diwakili Sekda Ir. Said Mahdum, Kajari Langsa, Efrianto, SH.MH, Danki Brimob Kompi 2 Pelopor Aramiah AKP Muhammad Rizaldi, Danpos TNI AL Kuala Langsa Letda (L) Irwansyah Damanik, Ketua Mahkamah Syariat kota Langsa Ahmad Nazif Husainy, SH, Kepala Kantor Agama Kota Langsa H. Fadli, S.Ag, Asisten II Pemko Langsa Ali Mustapa, SE, Perwakilan Ketua MPU, MAA dan MPD Kota Langsa, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXI Dim 0104 Ny. Yuni Tri Purwanto, S.E., M.M.

Reporter : Rusdi Hanafiah