Ragam

Dear Orangtua, Kenali Sindrom Kepala Datar Pada Anak Yuk!

Siapapun orangtua tak ingin sesuatu hal yang kurang bagi putra-putrinya. Termasuk istri penyanyi John Legend, Chrissy Teigen.

Ya, model asal Amerika Serikat itu baru-baru ini membagikan fotonya bersama Miles, anak keduanya.

Namun ada yang tak biasa pada postingan ibu dua anak itu. Dalam foto, tampak Miles mengenakan helm.

“Bayiku mengenakan helm pembentuk kepala hari ini! Tak perlu merasa kasihan padanya kalau melihat foto ini. Dia bahagia dan kami sedang memperbaiki (kepalanya yang) datar,” ujar Teigen lewat akun Instagram @chrissyteigen.

Bayi berusia enam bulan ini mengalami flat head syndrome atau sindrom kepala datar. Sindrom yang juga dikenal dengan nama plagiocephaly ini umum dialami oleh satu dari lima bayi di dunia. Sindrom kepala datar timbul akibat bayi terlalu lama tidur terlentang.

Berdasarkan American Academy of Pediatrics, dokter merekomendasikan bayi tidur terlentang untuk mengurangi risiko sindrom kematian mendadak pada bayi. Namun, untuk bayi prematur, risiko sindrom kepala datar lebih besar karena tulang tengkorak mereka yang lebih empuk saat lahir.

“Ini bukan kasus yang perlu perhatian besar, karena sindrom tidak menimbulkan efek apa pun pada otak dan bentuk kepala akan berkembang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu,” kata pihak Badan Layanan Kesehatan Inggris, melansir CNNIndonesia.

Komentar Facebook
1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait