Deklarasikan Kotara, Wadah Pengusaha Milennial Peduli Anak dan Warga Kurang Mampu

oleh -178 views
Ketua Kotara Sumut Iptu Joy Ananda Putra Sianipar (kanan) saat memberikan bantuan kepada masyarakat saat mendeklarasikan Kotara. (orbitdigitaldaily.com/HO)

MEDAN – Kemarin, Jumat 3 Juli 2020 Komunitas Cinta Anak Sumatera Utara resmi dideklarasikan di Medan.

Paguyuban yang berisi sejumlah pengusaha muda di Sumut ini hadir dengan semangat sosial kepada sesama juga terhadap anak-anak di Sumatera Utara.

Untuk diketahui wadah ini digagas Iptu Joy Ananda Putra Sianipar bersama Briptu Robby Siregar. Joy menyebut, semangat yang mereka bawa untuk mendirikan lembaga salahsatunya untuk peduli dan membantu sesama

“Kotara Sumut berisi sejumlah milenial muda yang peduli dengan sesama. Nah saya ingin dengan wadah ini, pengusaha-pengusaha muda yang ada bisa menyisikan sebagian rejekinya untuk membantu saudara-saudara kita yang tidak mampu,” ujar Joy kepada wartawan Minggu (5/7/2020).

Yang paling menjadi perhatian Kotara adalah bagaimana nasib anak-anak di Sumut. Soal kelayakan hidup dan tumbuh kembangnya.

“Kami ingin anak-anak di Sumut ini hidup dengan semestinya, ceria, sehat mendapat pendidikan yang layak. Apalagi kita ketahui, masih banyak anak-anak di Sumut, khususnya dari keluarga dengan yang perekonomian lemah harus berjibaku di jalanan mencari uang,” sebutnya.

“Apalagi kita ketahui banyak anak-anak di masa sekolah malah menjadi peminta-peminta di jalanan. Ini tanggungjawab kita bersama untuk mengentaskannya,” tegas Joy kembali.

Rencananya ke depan, Kotara berencana juga memberikan pelatihan keterampilan terhadap anak-anak kurang mampu yang mulai memasuki usia produktif.

“Ya artinya biar anak-anak yang memasuki masa produktif tadi bisa berkarya. Tujuannya untuk mengurangi tingkat pengangguran juga, kan. Jadi kalau yang sudah tamat SMA, gak bisa lanjut kuliah, tapi karena kita beri pelatihan anak-anak tadi bisa menjadi pengusaha, setidaknya memulai berusaha,” ungkapnya.

Kemudian lagi, Kotara juga akan rutin memberikan bantuan-bantuan sembako kepada masyarakat.

Apalagi, di tengah Pandemi Covid-19 ini , menurut Joy, perlu aksi nyata dalam mendukung pemerintah menciptakan masyarakat yang produktif.

“Saya akan tegaskan ke teman-teman di Kotara untuk lebih banyak lagi menyisihkan rejekinya. Kita akan petakan daerah-daerah mana saja yang mengalami kesulitan, masyarakat mana yang membutuhkan bantuan di Sumut,” ungkapnya.

Ia berharap, kehadiran Kotara dapat diterima semua pihak juga menjadi magnet pengusaha-pengusaha mileninal agar peka terhadap permasalah sosial yang ada.

“Mohon dukungan dan doa buat kami. Dan bila ada pengusaha-pengusaha muda lain yang ingin bergabung, kami persilakan. Intinya kita berbuat yang terbaik untuk membantu masyarakat,” pungkas Joy. (Diva Suwanda)