Di tengah Pandemi Covid-19, Dinas Pemdes Tapsel Gelar Bimtek di Zona Merah Medan

oleh -619 views

MEDAN – Di tengah Pandemi Covid-19, ternyata Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Tapsel tetap melaksanakan Bimbingan Teknis ( Bimtek) bagi Aparatur Desa di zona merah Kota Medan 3- 6 Agustus 2020.

Informasi diperoleh wartawan pelaksanaan Bimtek Dinas Pemdes Tapsel dilaksanakan di dua tempat berbeda yakni di Hotel Polonia dilaksankan oleh Lembaga Study Strategi dan Inovasi Pembangunan ( LSSIP) sedangkan di Hotel Danau Toba dilaksanakan oleh Pusat Study Manajemen Pemerintahan (PSMP) .

Anehnya di dalam undangan dari LSSIP untuk peserta disebutkan aturan dasar kegiatan yakni Permendesa PDTT No 6 Tahun 2020, Permendesa PDTT No 7 dan PMK No 50 /PMK 07/2020.

Padahal di dalam Permendesa PDTT No 7 Tahun 2020 dengan tegas disebutkan prioritas anggaran Dana Desa saat Pandemi Covid 19 ini adalah untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan menggerakan ekonomi rakyat yang terdampak Covid-19.

Sedangkan penyelenggara lainnya yakni Pusat Study Manajemen Pemerintahan (PSMP) yang melaksanakan kegiatan di Hotel Danau Toba di dalam surat undangan untuk peserta tidak mencantumkan Permendesa No 7 Tahun 2020 melainkan hanya mencantumkan Permendesa PDTT No 11 Tahun 2020.

Padahal Permendesa No 11 Tahun 2020 sudah dua kali mengalami perubahan yakni menjadi Permendesa PDTT No 6 Tahun 2020 dan Permendesa PDTT No 7 Tahun 2020.

Kadis Pemdes Tapsel Marjoni ketika dikonfirmasi melalui telepon selulernya belum memberikan jawabann. Hal yang sama juga dilakukan Kabid Pemdes Tapsel Cipto juga tidak memberikan jawaban.

Sementara itu Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemdes Sumut Bayu Tampubolon ketika dikonfirmasi soal kegiatan Bimtek yang digelar Dinas Pemdes Tapsel menegaskan pihaknya sama sekali tidak mengetahui kegiatan Bimtek tersebut. ” Kami sama sekali tidak tahu kegiatan Bimtek itu, dan kami tahu dari informasi rekan rekan media kepada kami,” kata Bayu.

Hal senada juga disampaikan Kabid Pemberdayaan Masyarakat Desa Dinas Pemdes Sumut Timbul Naibaho yang menegaskan Pemdes Sumut tidak mengetahui kegiatan tersebut .” Kalau saya menganggap kegiatan ini tidak tepat waktunya karena saat ini kita tengah fokus menghadapi Covid-19, seharusnya kita fokus dulu untuk menghadapi wabah ini,” kata Timbul.

Reporter : Toni Hutagalung