Diduga Kendalikan Akun SIPLAH, LSM KOMMPAS Sumut Minta Kejati Periksa Oknum Pejabat Disdik Sumut

oleh -367 views
Ketua LSM Kommpas Sumut Ajie Lingga

MEDAN –LSM Komunitas Masyarakat Mahasiswa Penggiat Anti Korupsi Sumatera Utara (Kommpas Sumut) meminta penyidik Kejatisu untuk memeriksa oknum pejabat di Disdik Sumut yang diduga mengendalikan akun Sistem Informasi Pengadaan Sekolah (SIPLAH).

” Seharusnya akun SIPLAH itu dikendalikan oleh pihak sekolah bukan oknum -oknum di Disdik Sumut. Karena akun SIPLAH itu berdasarkan akun Dapodik siswa dimana kewenangannya milik sekolah. Jadi kalau mau pesan SIPLAH harus melalui akun Dapodik. Jadi tidak boleh akun Dapodik itu diketahui pihak lain , selain pihak sekolah. Bisa hancur data Dapodik milik sekolah,”kata Ketua LSM Kommpas Sumut, Ajie Lingga kepada wartawan, Rabu (29/7/2020).

Ajie menegaskan jika benar adanya oknum di Disdik Sumut yang mengendalikan akun SIPLAH itu maka ada sesuatu yang tidak beres sehingga pihak penegak hukum harus melakukan pemeriksaan terhadap oknum pejabat di Disdik Sumut yang mengendalikan akun SIPLAH itu.

Baca juga : Manager Dana Bos Alfian Hutauruk Diduga Mainkan Akun SIPlah SMA-SMK di Sumut

” Penyidik Kejatisu harus segera turun tangan terkait persoalan ini, karena puluhan miliar anggaran yang dikucurkan oleh Kemendikbud ke sekolah yang ada di Sumut terkait penggunaan akun SIPLAH itu yang di dalamnya ada anggaran dana Bos Afirmasi dan Bos Kinerja . Sehingga potensi penyimpangan anggaran sangat terbuka,” kata Ajie kembali

Sebenarnya sebut Aji di dalam Permendikbud No 24 Tahun 2020 sudah tegas diesebutkan siapa saja yang mengelola dana Bos Afirmasi dan dana Bos Kinerja sehingga tidak ada lagi tumpang tindih kebijakan.” Jadi heran saja kalau ada oknum pejabat di Disdik Sumut yang coba-coba mengendalikan akun SIPLAH itu,” kata Ajie kembali.

Sementara informasi yang diperoleh wartawan, sejumlah akun SIPLAH sekolah sudah diklik oleh oknum pejabat di Disdik Sumut terkait penggunaan dana Bos Afirmasi dan dana Bos Kinerja untuk SMA Negeri dan SMK Negeri di Sumut diantaranya, akun SIPLAH di SMK Negeri 1 Binjai dan SMA Negeri 1 Binjai .

Labuhanbatu Bos Afirmasi SMA Negeri 2 Pangkatan, dan SMA Negeri 1 Bilah Barat. Labura, Bos Afirmasi SMA Negeri 1 Aek Kuo, SMK Negeri 1 Kualuh Hilir. Bos Kinerja SMA Negeri 1 Kualuh dan SMK Negeri 1 PP. Labusel Bos Afirmasi SMA Negeri 2 Kota Pinang. Bos Kinerja SMA Negeri 1 Kota Pinang. cr-03