Disdukcapil Aceh Selatan Jemput Bola Data Warga ke Pelosok Terpencil

oleh -235 views
Kadisdukcapil Aceh Selatan H.Lahmuddin saat memberikan keterangan kepada orbitdigitaldaily.com di kantor PWI Aceh Selatan (orbitdigitaldaily.com/Yunardi M.IS)

ACEHSELATAN – Dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19, Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Aceh Selatan turun langsung ke lapangan menjemput data warga.

Hal itu dikatakan Kadisdukcapil Aceh Selatan, H Lahmuddin, saat berkunjung ke kantor PWI Aceh Selatan di Jalan Merdeka, Tapaktuan, Senin (9/7/2020).

Ia mengatakan, target Disdukcapil hari ini di masa Pandemi Covid-19 yakni warga yang berada di pedalaman yang ada di  pelosok pelosok yang ada di Kabupaten Aceh Selatan.

“Seperti hari Kabid Penanganan KTP, KK dan Akte Kelahiran bersama staf juga bergerak ke Alue Kejruen Kecamatan Kluet Tengah dengan menggunakan stempel. Perjalanan kuranglebih menempuh waktu tiga jam mengarungi aliran sungai Siuraiurai,” ujar Lahmuddin.

H.Lahmuddin menerangkan, setelah warga ditemui di lokasi, seluruh kepengurusan KTP, KK dan termasuk akte kelahiran diselesaikan di tempat.

“Karena seluruh perangkat untuk sistim akses cepat sudah kita persiapkan dan itu kita bawa,” katanya.

Dalam kesempatan itu Lahmuddin menceritakan perjuangan timnya turun ke Alue Kejruen menggunakan perahu motor.

“Program ini untuk meringankan beban masyarakat demi untuk mendapatkan KTP, KK dan Akte Kelahiran di masing masing gampong serta kemukiman di daerah terpencil,” pungkasnya.

Reporter: Yunardi