Aceh  

Dishub Aceh Selatan Tertibkan Angkutan Umum ‘Nakal’ tak Masuk Terminal

Kabid Darat Dishub Aceh Selatan sedang mengarahkan kenderaan angkutan penumpang umum untuk masuk terminal. (orbitdigitaldaily.com/Yunardi)

ACEH SELATAN – Plt Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Agusman Yasri melalui Kabid Darat Dinas Perhubungan Kabupaten Aceh Selatan, Sukair mengatakan pihaknya terus melakukan penertiban kendaraan angkutan penumpang umum untuk masuk ke terminal.

Menurutnya, selama ini pengangkutan penumpang umum banyak yang enggan masuk ke dalam terminal agar membayar retribusi.

“Padahal untuk sekali masuk hanya membayar restribusi cuma Rp2000 per mobil. Kita lakukan penertiban ini agar seluruhnya mendapat manfaat, sepeti ada becak penumpang, pemilik warung di sekitar terminal. Jadi penumpang yang turun bisa memanfaatkan jasa mereka,” katanya kemarin.

Pria yang kerap disapa Ulen ini mengaku, selaku penasehat Organda Aceh Selatan pengarahan dan penertiban terhadap sopir angkutan penumpang umum ini merupakan salahsatu langkah juga untuk meningkatkan PAD Aceh Selatan.

“Kita juga ingin menyadarkan sopir angkutan umum tertib dan disiplin dan taat terhadap peraturan yang telah ada. Setiap tindakan yang dilakukan Dishub sudah sesuai dengan peraturan dan prosedur bagi pengguna kenderaan angkutan penumpang umum,” ungkapnya.

Ia beraharap dengan penertiban ini bisa tumbuh kebiasaan tertib dan disiplin para sopir angkutan umum.

“Ia mengatakan, sebelum dilakukan penertiban sudah dilakukan sosialisasi terlebih dahulu. Harapan kami agar ketertiban dan keteraturan ini tetap terjaga,” pungkas.

Reporter: Yunardi