Medan  

Dishub dan Ditlantas Polda Sumut Tinjau Tol Mudik Lebaran 2024

Persiapan menghadapi arus mudik Lebaran 2024, Kadishub Sumut Agustinus Panjaitan menyampaikan kesiapan sarana mudik menjadi prioritas

MEDAN | Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara (Dishub Sumut) bersama Direktorat Lalulintas Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Ditlantas Polda Sumut) melakukan survei kesiapan ruas jalan tol fungsional di wilayah Sumut pada Rabu (20/3/24).

Persiapan menghadapi arus mudik Lebaran 2024, Kadishub Sumut Agustinus Panjaitan menyampaikan kesiapan sarana mudik menjadi prioritas, dengan memperkirakan potensi jumlah pemudik angkutan jalan sebesar 10-15%. Untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik, Pemprov Sumut telah menggelar program mudik gratis.

Direktur Lalulintas Polda Sumut, Kombes Muji, menegaskan ruas jalan tol telah siap dilintasi pemudik. Sebagai bagian dari persiapan, fungsionalisasi Tol Asahan-Indrapura akan dilakukan secara gratis mulai tanggal 4 hingga 16 April.

Dalam hal keamanan dan kelancaran arus lalu lintas, Muji mengimbau para pengendara agar mematuhi batas kecepatan fungsional sebesar 60 km per jam dan aturan lalu lintas yang berlaku. Ditlantas Polda Sumut juga akan melakukan pengaturan dan rekayasa lalu lintas demi kelancaran arus mudik.

Dishub Sumut dan Ditlantas Polda Sumut meninjau kesiapan jalan tol fungsional mudik lebaran 2024

Branch Manager Tol Kisaran, Ari Wibowo menambahkan, ruas tol Kisaran mampu menampung hingga 14.000 kendaraan pada hari puncak mudik, namun, beberapa ruas jalan masih dalam kondisi rusak.

Dishub Sumut dan Ditlantas Polda Sumut juga melakukan pengecekan di beberapa titik rawan, seperti perlintasan kereta api di Kisaran, untuk memastikan kelancaran perjalanan pemudik.

Melalui koordinasi yang intensif, Dishub Sumut dan instansi terkait memastikan kesiapan ruas jalan tol di Sumut secara menyeluruh, sehingga pemudik dapat melakukan perjalanan dengan aman dan lancar pada musim mudik Lebaran tahun ini.

Teks photo:

Reporter, Toni Hutagalung