Ditahan KPK, Syafrida Fitrie Susul Arifin Nainggolan ke Jeruji Besi

oleh -529 views
Febri Diansyah.

Medan-ORBIT: Setelah sempat beberapa kali mangkir, Komisi Pemberantasan Korupsi menahan Syafrida Fitrie, satu dari 38 tersangka suap dari mantan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Gatot Pujo Nugroho.

Tak sendiri, istri politisi Arifin Nainggolan itu ditahan bersama dua tersangka lainnya yakni Richard Eddy Marsaut serta Restu Kurniawan Sarumaha.

Penahanan ketiga tersangka itu dibenarkan Juru Bicara/Humas KPK Febri Diansyah kepada Orbitdigitaldaily.com, Jumat (24/8/2018) malam.

Menurut keterangan Febri, Richard Eddy Marsaut, Syafrida Fitrie dan Restu Kurniawan Sarumaha ditahan hingga 20 hari ke depan.

“Mereka ditahan di dua lokasi berbeda. Richard Eddy Marsaut ditahan di Rutan Cabang KPK di Pomdam Jaya Guntur, sementara Syafrida Fitrie dan Restu Kurniawan Sarumaha ditahan di Rutan Cabang KPK di belakang gedung KPK Kav K-4,” jelas Febri Diansyah.

Diketahui, mereka diduga menerima duit suap dari Gatot Pujo senilai Rp300-350 juta per orang. Dari 38 tersangka itu, penyidik sudah melakukan penahanan terhadap sembilan tersangka.

Ke-38 orang itu diduga menerima suap terkait persetujuan laporan pertanggungjawaban Pemprov Sumut 2012-2014, persetujuan perubahan APBD Pemprov Sumut 2013 dan 2014, pengesahan APBD Pemprov Sumut 2013 dan 2014, serta penolakan penggunaan hak interpelasi DPRD Sumut 2015.

Dari sejumlah tersangka tersebut, KPK menerima pengembalian uang sejumlah Rp5,47 miliar. Uang itu kini telah disita sebagai barang bukti. OD-01