Medan  

Ditampung Dana Kelurahan, Warga Kemenangan Tani Gelar Pelatihan Tata Boga

Pelatihan Tata Boga pembuatan kue nastar, roti dan lapis legit di Aula Kantor Lurah Kemenangan Tani

MEDAN | Kelurahan Kemenangan Tani Kecamatan Medan Tuntungan melaksanakan pelatihan Tata Boga khusus kaum ibu dalam rangka pemberdayakan masyarakat sekitar, Kamis (15/6/2023).

Pelatihan Tata Boga kali ini pembuatan kue nastar, roti dan lapis legit digelar selama tiga hari 14 -16 Juni 2023 di Aula Kantor Lurah Kemenangan Tani.

Adapun tujuan pelatihan ialah untuk memberikan pengetahuan tentang cara pembuatan kue guna mengembangkan usaha hingga mampu meraih keuntungan.

Lurah Kemenangan Tani Jan Rudi Purba mengatakan, pelatihan ini bagian program pemberdayaan masyarakat yang ditampung lewat anggaran dana kelurahan tahun 2023. Tampak para peserta cukup antusias selama kegiatan.

Selain menambah keterampilan Tata Boga tentunya akan tambahan ilmu wawasan bagi masyarakat untuk mendorong usaha mikro.

Rudi berpesan para peserta mengikuti pelatihan ini dengan baik sehingga lewat pelatihan ini jadi motivasi untuk menggeluti bidang usaha.

“Kami berharap para peserta lebih serius belajar. Kedepannya akan muncul wirausaha yang baru di kelurahan Kemenangan Tani,” katanya, Kamis (15/6/2023).

Sasaran utamanya mendorong kreatifitas warga dalam mengembangkan dirinya ke UMKM dan pihak Kelurahan juga siap menfasilitasi pengurusan izin usahanya.

Sementara, Pimpinan Lembaga Pelatikan Kerja (LPK) Yayasan Srikandi Ir Erdawati Suwito SH mengatakan lewat pelatihan ini para peserta disuguhkan pemahaman materi dan praktik.

Hari pertama pengenalan materi teori dan hari kedua praktik serta hari ketiga adalah praktik display produk yakni penataan barang dagangan sebagai hasil karya perkelompoknya.

Katanya, lewat pelatihan maka akan timbul wirausaha baru dan peluang cukup menjanjikan lantaran selama pelatihan mereka langsung dikasih alat untuk berproduksi.

“Sehingga usai pelatihan bisa menerapkan pengetahuannya di rumah masing-masing dan bisa buka wirausaha baru sektor rumahan,” terangnya.

Reporter : Toni Hutagalung