Dukung Zero Carbon Tahun 2060, PLN Siap Optimalkan Pembangkit EBT di Sumatera Utara

Adapun komposisi bauran energi di Sumatera Utara yaitu minyak sebanyak 3,6 persen, batubara sebanyak 34,7 persen, gas sebanyak 21,6 persen dan EBT sebanyak 40,06 persen. Hal ini menjadikan PLN UIW Sumatera Utara menjadi pengguna EBT tertinggi di Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, PLN UIW Sumatera Utara juga melakukan penandatanganan Commercial Operation Date (COD) PLTM Aek Sibundong.

PLTM Sibundong terletak di Desa Manalu Dolok/Hutatua, Kecamatan Parmonangan, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara memiliki kapasitas sebesar 2×5 MW dengan total investasi sebesar 228 Milyar Rupiah.

General Manager PLN UIW Sumatera Utara, Tonny Bellamy, mengatakan, potensi energi hydro di Sumatera Utara masih cukup banyak sehingga akan terus kita pelajari dan akan kita manfaatkan.

“Dengan beroperasinya PLTM Sibundong akan menambah bauran energi EBT yang ada di Sumatera Utara. Tidak hanya itu, akan ada 6 pembangkit EBT yang akan COD dengan total daya sebesar 45,4 MW, sebanyak 7 pembangkit EBT dalam status pendanaan dengan rencana total daya sebesar 51,5 MW. Jika semua berjalan sesuai rencana, maka Sumatera Utara akan memiliki energi yang cukup dalam memenuhi kebutuhan listrik, sehingga para investor yang akan berinvestasi tidak perlu khawatir lagi. PLN siap mendukung program pemerintah menuju zero carbon di tahun 2060.” tutup Tonny. Rel