E Kearsipan Aceh Selatan Manfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi

oleh -476 views
Launching E Kearsipan Aceh Selatan Manfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi. (orbitdigitaldaily.com/Yunardi)

ACEHSELATAN-Wakil Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran, menegaskan dalam dunia serba canggih ini sudah seharusnya memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Hal tersebut disampaikan Wabup Aceh Selatan, pada acara Launching E-Kearsipan Aceh Selatan berlangsung Senin (7/10/2019) di pekarangan Dinas Kearsipan Aceh Selatan. Ikut dihadiri, Kabid Pengelola Arsip Provinsi Aceh, Ikhsan, S. Sos, Forkopimda, para asisten, kabag dan SKPK dalam kabupaten setempat.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Tgk Amran yang membacakan sambutan Bupati Aceh Selatan, H. Azwir, S. Sos, menyebut saat ini dunia kearsipan sebagai salahsatu bidang dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara tidak luput dari perubahan.

Lebihlanjut ia mengatakan, arsip yang berada di beberapa tempat pada awalnya secara umum hanya dimaknai sebagai tumpukan kertas hasil kegiatan yang sudah tidak digunakan lagi di mana biasanya disimpan disembarang tempat.

“Namun saat ini besar tuntutan akan perubahan dari kondisi tersebut bahkan arsip sudah menjelma dalam berbagai bentuk media simpan termasuk arsip elektronik,” terangnya.

Untuk itu, dia berharap peran arsip sangat penting dan strategis dalam menyiapkan berbagai data dan informasi secara baik.

Maka untuk itu yang utama adalah bagi generasi muda sekarang dan generasi yang akan datang dapat mengakses data autentik yang diperlukan.

“Kelemahan pengelolaan kearsipan secara manual oleh instansi pemerintah dapat diatasi dengan melakukan transformasi manajemen kearsipan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi,” ujar Amran.

Menurut bupati, kata Amran, pengelolaan kearsipan secara manual yang dilakukan oleh instansi pemerintah selama ini mempunyai beberapa kelemahan antara lain, membutuhkan ruang dan tempat penyimpanan yang besar, risiko kerusakan arsip akibat bencana.

Dengan adanya hal itu, kita butuh data arsip autentik guna menjamin terselenggaranya pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan secara bertanggungjawab.

“Arsip menjadi acuan bagi perangkat daerah dalam tata kelola kearsipan secara terpusat sehingga dapat diawasi melalui satu sistem aplikasi yang bermuara bagi kemudahan akses arsip dalam tugas kedinasan maupun pemenuhan kebutuhan informasi masyarakat,” pungkas Tgk Amran.

Reporter: Yunardi