Edukasi Lansia Terbanyak, Pemkab Segai Pecahkan Rekor MURI

oleh -168 views
Usai menerima Piagam MURI,Bupati Sergai dan Kadiskes diabadikan dengan latar belakang peserta lansia. Orbit/Andy Abiet.

Sergai-ORBIT: Satu lagi jajaran Pemkab Sergai, Dinkes Kesehatan (Dinkes) memecahkan Rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) dengan kegiatan akbarnya Jambore Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan Gerakan Empati Masyarakat Sakit (Gemas) serta Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-23 di Pondok Permai – Pantai Cermin, Rabu (4/7/2018).

Sekitar dua ribuan warga Lanjut Usia (Lansia) yang berasal dari 17 kecamatan se kabupaten Serdang Bedagai ikut meramaikanberbagai kegiatan dalam gelaran tersebut. Diantaranya ada lomba Senam massal, menyanyi lagu Mars Lansia, dan Menari. Ada juga pemeriksaan kesehatan gratis dan banyak lainnya.

Kadis Kesehatan Sergai dr Bulan Simanungkalit dalam laporannya mengatakan, selama ini pihaknya memberikan edukasi kepada Lansia yang berada di 17 kecamatan se Sergai, atau di bawah naungan 20 Puskesmas dan puluhan Pustu (Puskesmas Pembantu) agar bisa hidup sehat, sejahtera dan mandiri. “Dan hari ini kita ajak seribuan lansia berkumpul untuk lebih dekat,” ujarnya.

Kegiatan ini ditinjau langsung oleh Ngadri sebagai Perwakilan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) yang datang khusus dari Semarang (Jawa Tengah). Hadir juga Bupati Sergai H Soekirman, Sekdakab Hadi Winarno mewakili Kadis Kesehatan Provsu, Ketua TP-PKK Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Rosmaida Darma Wijaya dan beberapa perwakilan OPD.

“Ini mimpi satu setengah tahun yang lalu dan atas seiizin Pak Bupati maka kita gelar hari ini, dengan dimeriahkan berbagai lomba. Mengingat banyaknya lansia yang kurang mendapat perhatian, dan untuk itu kami meminta seluruh Puskesmas dan Pustu untuk memberikan 50 pelayanan kepada lansia secara gratis.Yang kami kerjakan ini tidak finish di tempat, tetapi akan terus berkelanjutan,” lanjut dr Bulan.

Kegiatan ini kemudian ditetapkan oleh MURI sebagai acara terbesar dan terbanyak di Indonesia serta berhasil memecahkan rekor. “Layak untuk mandapatkan MURI,” ujar Ngadri mewakili MURI.

Sebelum menyerahkan Piagam MURI dengan Edukasi dan Lansia Terbanyak, dalam sambutannyanya Ngadri mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi yang tinggi atas kegiatan ini.

“Saya sebagai lansia sangat bangga atas edukasi yang diberikan kepada para lansia di Sergai agar bisa hidup sehat dan mandiri tak bergantung kepada keluarga. MURI mencatat hingga saat ini Pemkab Sergai memecehkan Rekor MURI sebanyak 5 dan ini ke-6 kalinya, yakni Tari Serampang XII terbanyak, Kerja Bhkati terbanyak dan kegiatan lainnya dan kali edukasi terhadap lansia terbanyak, salut saya kepada pemkab Sergai,” ujarnya.

Menanggapi hal ini, Bupati Sergai H Soekirman menyampaikan kegiatan edukasi terhadap lansia ini bakan dipantau dan agar terus berlanjut dengan baik.

Katanya, aaat ini ada sekitar 45.000 lansia berada di kabupaten Sergai. “Jadi di 237 desa dan 6 kelurahan ini tidak seluruhnya datang hari ini, tapi alhamdulillah semoga mereka itu masih bersama keluarganya. Saya harap anak-anaknya yang sudah dibesarkan dan disekolahkan bisa mengurus orangtuanya yang sudah lanjut usia. Lebih bagus menangisi kegelapan tapi lebih baik menghidupkan lilin keci,yang artinya lilin kecil tersebut memberi arti kehidupan sekalipun penerangannya terbatas”,jelas Bupati Sergai. Od-Bet

Foto :

1.Bupati Sergai H.Soekirman menyaksikan Kadiskes Sergai,dr. Bulan Simanungkalit menerima Piagam MURI dari Perwakilan MURI.

2. Usai menerima Piagam MURI,Bupati Sergai dan Kadiskes diabadikan dengan latar belakang peserta lansia.