Eksekutor Hakim Jamaluddin Buang dan Bakar Barang Bukti

oleh -99 views
Tersangka Reza Fahlevi saat memerankan adegan dalam rekonstruksi tahap III pembunuhan Hakim PN Medan, Jamaluddin. (orbitdigitaldaily.com/Diva Suwanda)

MEDAN – Polrestabes Medan menuntaskan rekonstruksi pembunuhan Hakim PN Medan, Jamaluddin dengan dua tersangka eksekutor kakak beradik Reza Fahlevi dan Jefri Pratama.

Terpantau Reza Fahlevi datang dengan menggunakan mobil putih mengenakan jaket coklat, masker hitam, tangan diborgol dan dikawal petugas.

Reza tertunduk ketika diboyong polisi ke dalam rumahnya.

Kasat Reskrim Polrestabes Medan, AKBP Maringan Simanjuntak mengatakan, dalam rekonstruksi tahap terakhir, tersangka Jefri Pratama dan Reza Fahlevi memerankan adegan membuang barang bukti pembunuhan Jamaluddin.

“Proses rekonstruksi sendiri merupakan proses pelaku menghilangkan barang bukti yang mereka gunakan untuk membunuh Jamaluddin. Jadi semua barang bukti yang mereka gunakan selama proses eksekusi sudah dimusnahkan,” kata AKBP Maringan.

Namun, berkat kejelian petugas melakukan penyelidikan, meski kedua tersangka berhasil membuang barang bukti, petugas berhasil mendapati keterangan dari saksi yang melihat keduanya membuang barangbukti.

“Nah, saat itulah kita berhasil mendapatkan saksi yang melihat kedua tersangka membuang barangbukti itu,” terang Maringan.

Dalam rekonstruksi itu tersangka Jefri Pratama dan Reza Fahlevi menyelesaikan reka ulang enam adegan di tiga lokasi.

Pihak kepolisian melakukan rekonstruksi tahap pertama pada Senin (13/1). Dari sana ada 15 adegan, yang terdiri dari 5 lokasi berbeda dan itu hanya tahap perencanaan para tersangka Reza Fahlevi, Jefri Pratama dan Zuraidah Hanum.

Kemudian, Kamis (16/1) rekonstruksi tahap kedua dilakukan, yaitu proses eksekusi Jamaluddin. Para tersangka melakukan 77 adegan.

Reka adegan di tiga lokasi berbeda, Pasar Johor, kediaman korban di Komplek Royal Monaco, Jalan Aswad, dan lokasi pembuangan jasad di Dusun II, Desa Suka Damai Kecamatan Kutalimbaru Kabupaten Deliserdang.

Dalam kasus ini kepolisian, istri korban Zuraida Hanum diketahui sebagai otak pelaku pembunuhan suaminya, Jamaluddin.

Jamaluddin (55) merupakan warga Perumahan Royal Monaco Blok B No. 22 Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor.

Ia ditemukan meninggal dunia di jurang areal kebun sawit di Dusun II Namo Bintang Desa Suka Dame, Kecamatan Kutalimbaru, Deli Serdang, Jumat (29/11) siang. (Diva Suwanda)