Empat NGO di Sumut Minta Gubsu Transparan dalam Penggunaan Anggaran Covid-19

oleh -80 views
Empat Aktivis NGO di Sumut datangi Kantor Gubsu sampaikan surat agar Gubsu melakukan transparansi dalam penggunaan anggaran Covid-19

MEDAN- Empat Non Government Organisation (NGO) di Sumut yakni , SAHDAR, LBH Medan, KontraS Sumut dan FITRA Sumut meminta adanya transparansi penggunaan anggaran Covid-19 di Sumut.

Permintaan itu dilakukan melalui surat resmi yang dilayangkan ke Gubsu Edy Rahmayadi Rabu (29/7/2020) .

Dalam surat itu, Empat NGO ini meminta kepada Gubsu :

  1. Mempublikasi informasi penggunaan anggaran Covid-19 di Sumut baik yang bersumber dari Pemerintah Pusat, APBD Provinsi, bantuan pihak ketiga/swasta, secara berkala dan terupdate baik melalui website resmi Pemprovsu maupun dengan mengunakan media sosial, media massa maupun baliho dan media-media informasi yang mudah diakses semua kalangan masyarakat.
  2. Menyajikan informasi penggunaan anggaran penanganan Covid-19 dengan terperinci yaitu besaran alokasi anggaran yang telah diterima oleh setiap institusi pemerintah, jenis dan nilai belanja yang sudah direalisasikan baik di bidang kesehatan (alat kesehatan) , jumlah, lokasi, waktu dan jenis bantuan yang telah distribusikan.
  3. Menginformasikan dokumen seluruh Pengadaan Barang/Jasa terkait penangangan Covid-19 yang didalamnya meliputi identitas pihak penyedia barang/jasa, metode pengadaaan, jenis pengadaan dan pagu anggaran.
  1. Memerintahkan kepada seluruh jajaran instansi Pemprovsu untuk tidak mempersulit masyarakat yang meminta informasi penggunaan anggaran penanganan Covid-19
  2. Menggunakan anggaran penanganan Covid-19 dengan efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

Reporter : Toni Hutagalung