Empat Pelaku Pencurian Pipa Saluran Air di Siosar Diciduk Saat Beraksi

oleh -704 views
Truk bermuatan tiga batang pipa air bersih saat diamankan di Mapolsek Tigapanah. ORBIT/Daniel Manik.

Kabanjahe-ORBIT: Empat pelaku pencurian Pipa Saluran Air Bersih (PSAB) di Perladangan Desa Bakerah, Camp 4 Nias Siosar Desa Siosar terciduk Polsek Tigapanah saat melangsungkan aksinya, Senin (6/8/2018).

Dua pelaku sebagai pengangkut pipa, masing-masing bernama Liwan Pindonta warga Desa Singa Kecamatan Tigapanah dan Satria Ginting warga Desa Kutambelin kecamatan Tigapanah. Sementara dua pelaku lagi berperan sebagai supir dan kernet truk colt diesel BK 8633 XT masing-masing bernama Iwan (supir) warga Tembung Dusun I Tambak Rejo Desa Amplas Percut Sei Tuan dan Salimin (kernet) warga Jalan Mahoni Dusun II Kecamatan Percut Sei Tuan.

Diketahuinya kasus pencurian itu, berawal dari Andreas Sitepu mendapat laporan telepon dari temannya bahwa ada orang yang mengakut pipa besi dengan menggunakan mobil truk colt diesel BK 8633 XT.

Atas laporan itu selanjutnya Andreas Sitepu langsung beranjak menuju TKP. Masih di tengah perjalanan, Andreas Sitepu berpapasan dengan mobil yang megangkut pipa curian tersebut. Sempat diberhentikan, namun truk tersebut langsung tancap gas.

Melihat kenekatan pengemudi truk, Andreas pun mengejar kembali dengan mengendarai sepeda motor dan mendahuluinya. Setelah mendahului truk itu, Andreaspun menghentikan sepeda motornya dan langsung membidik senapan angin yang disandangnya dari belakang punggungnya ke arah lajunya truk. Kira-kira jarak 15 meter, Andreas pun langsung menembak kaca depan mobil truk itu, sehingga kaca depannya pun hancur.

Begitu truk berhenti, kedua pelaku berikut supir dan kernet truk langsung loncat dan hendak kabur. Namun berkat kesigapan Andreas Sitepu dan kawan-kawannya para pelaku berhasil di amankannya dan langsung menghubungi Polsek Tigapanah.

Kapolsek Tigapanah AKP B Manurung SH didampingi Kanit Reskrim Aiptu R Situmeang S.Sos kepada wartawan mengatakan, bahwa pihaknya telah menahan dua orang pelaku pencurian pipa air milik PT Maswadi di Siosar Kecamatan Tigapanah

“Kini kedua pelaku atas nama Liwan Pindonta dan Satria Ginting bersama pengemudi truk colt diesel Iwan dan kernet truk Salimin sudah dimintai keterangannya dan diamankan di dalam sel Polsek Tigapanah. Begitu juga truk colt diesel BK 8633 Xt berikut tiga batang pipa air terbuat dari besi juga sudah diamankan untuk dijadikan barang bukti. Dan kerugian ditaksir 21 juta rupiah,” kata Kapolsek. Od-Dam

Keterangan Gambar :

Truk colt diesel bermuatan tiga batang pipa air bersih saat diamankan di Mapolsek Tigapanah. ORBIT/Daniel Manik.