AcehHeadline

Fakta-fakta Kegagalan Program Pamsimas Aceh Timur yang Diungkap Warga

Aceh Timur-ORBIT: Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Aceh Timur (Atim) patut menjadi sorotan, karena program yang telah terealisasi itu kerap gagal dimanfaatkan masyarakat.

Salah satu program Pamsimas yang gagal total bahkan tidak dimanfaatkan ada di Gunung Putus Alue Canang yang masuk dalam wilayah Desa Seumanah Jaya, Kecamatan Ranto Pereulak yang dibangun pada 2016 lalu.

“Kegagalan dalam hal ini yakni hingga kini air tak mengalir ke rumah rumah warga, padahal Pamsimas telah rampung dibangun, termasuk perpipaan ke rumah warga,” kata Asrul, warga Semanah Jaya, Senin (5/11/2018).

Disebutkannya, bangunan Pamsimas itu mubazir karena berbagai persoalan, seperti biaya listrik yang tinggi, pengelola yang juga warga setempat tidak memiliki cukup honor, karena Pamsimas ini hanya mampu mengairi 40 rumah warga di Alur Canang.

“Jadi jika difungsikan lebih besar biaya pengeluaran dari pada pemasukan,” katanya Kasim, warga Alue Canang.

Dijelaskannya, setelah Pamsimas rampung dibangun, dan diuji kecukupan air oleh pihak terkait, Satuan Kerja (Satker) dan dipastikan mengalir selama satu jam, Pamsimas itu pun diserahkan pada warga untuk mengelolanya.

“Ada 7 hari kami fungsikan, sehabis itu sampai sekarang tak pernah lagi di fungsikan, sekarang kondisinya sudah rusak, bak bocor, pompa air rusak, dan sudah jadi bangunan tua,” jelasnya.

Dia juga menyebutkan pembangunan Pamsimas itu menghabiskan anggran sekitar Rp350 juta, yang dikerjakan oleh kontraktor, ini juga jadi pertanyaan, soalnya Pamsimas kan suakelola, tapi ini malah di kerjakan pemborong.

Dia menuturkan kegagalan program pamsimas itu karena kesalahan perencanaan, dan salah sasaran program. “Kasihan program gagal, sedang program itu menghabiskan uang negara, jadi setiap program Pamsimas perlu dikaji lebih dalam komitmennya dan sinergi antara satker dan masyarakat, kita juga meminta kejaksaan turun tangan dalam persoalan ini,” katanya. On-Ard

Komentar Facebook

Artikel Terkait