Gondol Duit Rp378 Juta Milik Warga Bener Meriah, Jumain Bonyok Dihajar Massa

oleh -6 views

Tertangkap mencuri uang sebesar Rp 387 juta milik Khaidir Ari (41), warga Kampung Seni Antara, Kecamatan Permata, Kabupaten Bener Meriah, Kamis (9/5), Jumain (48) bonyok dihajar massa.

Tercatat, Jumain merupakan warga Dusun Alur Rejo Desa Securai Selatam, Kecamatan Babalan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Kapolres Bener Meriah AKBP Fahmi Irwan Ramli melalui Kasat Reskrim Iptu Wijaya Yudi Stira Putra Jumat (10/5) mengatakan, peristiwa tersebut terjadi berawal saat Khaidir Ali (korban) pulang dari Bank BRI cabang Simpang Tiga Redelong mengambil uang Rp387 juta.

Setelah mengambil uang, korban pulang ke rumah dengan menggunakan mobil pribadi, sesampainya di depan rumah korban memarkirkan mobil tepatnya di seberang jalan depan rumah dikarenakan mulai turun hujan lalu korban terburu-buru untuk mengangkat kopi gabah yang dijemur di depan rumah dan meninggalkan uang tersebut di mobil dalam keadaan terkunci.

Pada saat korban mengangkat kopi, kata Kasat Reskrim, korban sempat melihat seorang laki-laki dari arah Kampung Buntul Kemumu menuju ke arah Lhokseumawe menggunakan sepeda motor Honda Supra 125 warna hitam.

Tidak jauh dari rumah korban, laki-laki tersebut memutar arah dan kembali ke depan rumah korban dengan cara mendorong sepeda motornya kemudian seorang laki-laki tersebut memarkirkan sepeda motornya di belakang mobil milik korban.

Korban melihat laki-laki tersebut langsung mendekati sisi sebelah kiri pintu mobil lalu pelaku mengeluarkan bungkusan plastik berwarna biru yang berisi uang tunai milik korban sejumlah Rp 387 juta.

Usai mengambil uang teraebut, pelaku langsung kabur ke arah Kampung Buntul Kemumu, Kecamatan Permata, Bener Meriah dengan menggunakan sepeda motor.

“Sadar uangnya diambil pelaku, korban langsung mengejar pelaku menggunakan sepeda motor milik korban dan sesampainya di depan rumah warga masih di Kampung Seni Antara korban melihat pelaku telah berbalik arah ke Lhokseumawe,” ujar Kasat Reskrim, dilansir AJNN.

Korban pun terus mengejar pelaku, sehingga pelaku lari ke belakang rumah warga di kampung tersebut dan terjadilah perkelahian antara korban dan pelaku sambil memperebutkan bungkusan plastik biru berisi uang tersebut.

Saat saling berebut plastik pembungkus uang tersebut robek dan uang Rp 387 juta milik korban berhamburan. Karena plastik robek pelaku membawa kabur sebagian uang dengan cara berlari ke semak-semak, sementara korban mengumpulkan uang yang berhamburan di tanah.

“Tak sampai disitu, sejumlah warga yang melihat pelaku hendak kabur langsung mengejar sehingga pelaku berhasil ditangkap oleh warga. Dari tangan pelaku, warga mengamankan uang Rp 50 juta dan satu kunci T yang digunakan membuka pintu mobil korban. Karena dibakar emosi, sejumlah warga langsung menghajar pelaku hingga bonyok lalu baru diserahkan kepada pihak kepolisian,” sebut Kasat Reskrim.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, saat ini pelaku berikut barang bukti telah diamankan di Polsek Permata guna proses hukum lebih lanjut.