Gubernur Sumut Diminta Perkuat APIP, Ini Alasannya Menurut Legislator

oleh -225 views
Muchrid Nasution SE. Ist

Medan-ORBIT: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) berharap Gubsu Edy Rahmayadi memperkuat Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, guna mencegah terjadinya penyalahgunaan hukum, wewenang dan jabatan.

“Banyaknya pelanggaran hukum, wewenang dan jabatan di lingkungan Pemprovsu, sebagaimana yang terekspos di media massa saat ini, diduga karena tidak efektifnya peran APIP,” ujar Sekretaris Fraksi Partai Golkar, di DPRD Sumut, Muchrid Nasution, Senin (17/09/2018).

Muchrid mengakui, melihat lemahnya kinerja APIP terhadap pelaksanaan kegiatan yang bersumber dari APBD. Misalnya, pembangunan pendopo dan pembuatan taman serta kolam, di rumah dinas Gubsu.

Meskipun kegiatan di Biro Umum dan Perlengkapan itu sudah menjadi sorotan publik, namun hingga saat ini, terkesan tidak ada reaksi APIP. “Padahal, sejak mulai proses lelang, kegiatan tersebut diduga sarat kolusi. Aneh rasanya, jika APIP tidak bereaksi terhadap persoalan ini,” ujarnya.

Demikian halnya, kegiatan rehabilitasi saluran irigasi di Kecamatan Namurambe, yang anggarannya ditampung di Dinas PSDA Sumut. Kegiatannya, menurut Muchrid, tidak diselesaikan oleh rekanan, dengan alasan yang terkesan mengada-ada.

Belum lagi, ujarnya, penempatan pejabat yang tidak sesuai dengan golongannya. “Banyak instansi, yang menempatkan golongan yang lebih rendah menjadi pimpinan golongan yang lebih tinggi,” ujarnya.

Muchrid juga menyoroti anggaran keberangkatan Badan Pelayanan Ibadah Haji (BPIH) Pemprovsu, sebesar Rp600 juta lebih, dari APBD 2018, di Biro Binsos.

Persoalan ini semua sudah menjadi konsumsi publik. Namun, lanjut Muchrid, APIP terkesan diam saja melihat persoalan ini. “Seharusnya, APIP bergerak begitu hal tersebut muncul di publik. Jadi, tidak perlu menunggu laporan resmi,” ujarnya.

Muchrid berharap, ke depannya Gubsu dan Wagubsu perlu memperkuat¬† APIP. “Gubsu juga diharapkan, menempatkan pimpinan APIP yang memiliki visi dan misi Sumut Bermartabat,” ujarnya. Rel