Hadiri GSSB, Wabup Deliserdang : Menumbuhkan Rasa Kebersamaan

DELISERDANG |

Shalat mempunyai kedudukan yang paling utama diantara ibadah-ibadah yang lainnya. Tetapi lebih utama lagi, apabila Shalat itu dilakukan dengan cara berjamaah,

Sebagimana diriwayatkan Abdullah Bin Umar, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “orang yang Shalat berjamaah lebih baik daripada Shalat sendirian”

Oleh sebab itu, shalat berjamaah sangat penting untuk kita kerjakan. Karena selain pahala yang berlipat ganda, Shalat berjamaah juga akan menumbuhkan rasa kebersamaan yang kuat.

Demikian disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Deliserdang H M Ali Yusuf Siregar ketika melaksanakan Gerakan Shalat Subuh Berjamaah (GSSB) bersama Pengurus Daerah Dewan Mesjid Indonesia (PD DMI), Jumat (16/04/2021), di Mesjid Taqwa Muhammadiyah Lubukpakam.

Wabup Deliserdang juga mengatakan,  salah satu Shalat yang berat dilaksanakan bagi sebagian besar kaum muslim dewasa adalah Shalat Subuh secara berjamaah.

Padahal, kata Ali Yusuf Siregar, Shalat subuh memiliki nilai yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan Shalat lima waktu yang lainnya, apalagi bila Shalat Subuh dilakukan secara berjama`ah.

“Sebagaimana Hadits Riwayat Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda, barang siapa yang melaksanakan Shalat Isya` secara berjama`ah, maka ia seperti shalat separuh malam, dan barang siapa yang melaksanakan Shalat Subuh secara berjama`ah, maka ia seperti Shalat malam satu malam penuh”, katanya.

Menurut Ali Yusuf Siregar, kegiatan gerakan Sholat Subuh berjamaah harus terus  ditingkatkan. “Insha Allah, masyarakat Deliserdang akan maju dalam cara berfikirnya, religius. Karena, agama sebagai sandaran moralnya, dan memaknai perbedaan sebagai kekayaannya, sebagaimana visi misi Kabupaten Deliserdang yang maju dan sejahtera  dengan masyarakatnya yang  religius dan rukun  dalam kebhinekaan”, ujarnya.

Namun, sambung Wabup Deliserdang,  saat ini kita masih menghadapi situasi pandemi Covid-19. Dimana pelaksanaan Sholat harus tetap mengikuti protokol kesehatan. Seperti mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker. Hal ini dilakukan semata-mata untuk memutus rantai penyebaran pandemi Covid-19.

Sebelumnya, Ketua Pimpinan Cabang (PC) Muhammadiyah Lubukpakam, Hendrik Gusman dalam sambutannya menyebutkan,  PC Muhammadiyah Lubukpakam sangat mendukung Gerakan Shalat Subuh Berjamaah yang menjadi program PD DMI Kabupaten Deliserdang.

“Hal ini, bertujuan menjaga dan meningkatkan  Ukhuwah Islamiyah. Karena Ukhuwah Islamiyah adalah lambang persatuan yang merupakan cikal bakal perdamaian”, sebutnya.

Semoga, harap Hendrik Gusman, dengan dilaksanakan gerakan Shalat Subuh berjamaah ini, bisa menjadikan kita untuk lebih semangat  beribadah dan memacu keimanan kita kepada Allah SWT.

Sementara, Ketua PD DMI Kabupaten  Deliserdang H Sulaiman Hasibuan menyampaikan ucapan  terima kasih kepada Badan Kemakmuran Mesjid (BKM)  Taqwa Muhammadiyah Lubukpakam yang telah menerima dan mendukung  Gerakan Sholat Subuh Berjamaah  dan sekaligus Safari Dakwah  dalam bulan Ramadhan 1442 Hijriah.

“GSSB Surah As-Sajdah yang dilakukan pada bulan suci Ramadhan ini juga terlaksana berkat bantuan Pemerintah Kabupaten Deliserdang. Kami berharap dngan GSSB ini dapat menciptakan  dan mewujudkan silahturahmi sesam umat muslim, khusunya  yang ada di Kabupaten Deliserdang”, harap Sulaiman Hasibuan.

Reporter : Dodi H Pohan