Hasil Seleksi Wawancara Tertulis Calon PPK Didominasi Wajah Lama

oleh -103 views

TOBASA – Usai melaksanakan berbagai tahapan dalam perekrutan Calon Anggota Panitia Pemilihan Umum tingkat Kecamatan  (PPK) mulai seleksi administrasi dan test tertulis, saatnya Komisi Pemilihan Umum Daerah  (KPUD) Tobasa mengumumkan hasil seleksi wawancara.

Seperti terlihat di sejumlah lokasi di wilayah Kecamatan Siantar Narumonda, Baktum Sitorus, Staf KPU Tobasa pada Sabtu (15/2/2020) tampak sibuk menempelkan pengumuman dimaksud.

Dikatakannya, bahwa 5 besar dari 10 orang kandidat hasil seleksi tertulis sudah ditetapkan, namun diberi kesempatan kepada semua lapisan  masyarakat yang memenuhi syarat untuk memberi tanggapan terkait jejak rekam calon PPK itu.

“Sesuai pengumuman KPU Tobasa dengan nomor 300/PP.04.2-Pu/1212/KPU-Kab/II/2020, maka 5 besar sudah ditetapkan dan menunggu klarifikasi atau tanggapan masyarakat,” ujar Baktum.

Menurutnya, walau saat ini peringkat 5 besar sudah ditetapkan, namun bisa saja urutan itu berubah bila nanti  ternyata ada tanggapan masyarakat yang bisa jadi bahan bagi KPU untuk menetapkan hasil seleksi akhir.

“Tanggapan masyarakat itu dilaksanakan selama 7 hari sejak pengumuman ini, selanjutnya akan dilakukan klarifikasi dan akhirnya sampai pada masa penetapan seleksi akhir, dan akan dilantik pada awal maret 2020 sebagai PPK untuk Pilkada Tobasa 2020,” pungkasnya.

Sementa itu, pantauan di wilayah Kecamatan Siantar Narumonda, 4 dari 5 besar hasil wawancara KPU itu masih didominasi mantan PPK pada pelaksanaan Pileg dan Pilpres tahun 2019 lalu.

Reporter : Bernard Tampubolon