Hindari Serangan Debu Vulkanik Sinabung, BPBD Karo Bagikan Masker Kepada Masyrakat

oleh -223 views
Kepala BPBD Kab Karo natanil Peranginangin bersama petugas TNI bagikan masker kepada masyarakat

TANAH KARO – Menyusul terjadinya erupsi Gunung Sinabung dinihari tadi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo bagikan masker kepada masyarakat, guna mencegah gangguan kesehatan sekaligus membersihkan hamparan debu vulkanic dari jalan umum dan pemukiman masyarakat.


Masker yang dibagi sebanyak 1500 pcs kepada masyarakat umum. Masker yang dibagikan itu 1.000 pcs bantuan yang disalurkan Pemkab Karo, sisanya dibantu jajaran Kodim 0205/TK.

Hal itu dikatakan Plt Kepala BPBD Kabupaten Karo, Natanail Peranginangin, Sabtu (8/8/2020) di Berastagi.

Menurutnya, untuk menekan dampak paparan abu vulkanik erupsi Sinabung terhadap jalan dan hunian warga. Pihaknya telah menerjunkan 5 unit Damkar guna penyiraman. Untuk tahap awal dilaksanakan dikawasan terdampak paling parah.

Baca juga : Sinabung Kembali Erupsi, Berastagi Dipenuhi Debu Vulkanik

“Berdasarkan kunjungan kami, empat kecamatan terdampak abu vulkanik Sinabung. Diantaranya Naman Teran, Merdeka, Dolat Rayat, dan Berastagi. Namun yang terparah menerpa Kecamatan Naman Teran. Disana menyerupai hujan lumpur,” terang Natanail.

“Hingga siang tadi,Tim BPBD Kab Karo dan instansi terkait lainnya masih berada dilapangan untuk melakukan tinjauan dan penyuluhan. Warga dan wisatawan tetap dilarang memasuki zona merah Sinabung,” ujar Plt Kepala BPBD Karo.

Reporter : Daniel Manik