Medan  

Ikadin Medan Gelar Buka Puasa Bersama, Perkokoh Tali Persaudaraan

Medan-ORBIT: Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) Medan menggelar acara buka puasa bersama di Danau Toba Internasional Hotel, Jumat, (24/5).

Buka puasa yang diikuti puluhan anggota Ikadin lintas generasi itu mengambil tema
Memperkokoh ikadin dalam nilai- nilai persaudaraan untuk menggapai kejayaan.

Dalam acara yang dikemas santai tersebut diawali dengan diskusi. Beberapa advokat senior seperti Hamdani Harahap, Mangasi dan lainnya turut hadir. Mereka bercerita pengalamannya dan sejarah terbentuknya Ikadin.

Advokat senior Hamdani Harahap, yang hadir dalam buka puasa itu bercerita saat mula dirinya menjadi seorang advokat. Tak lupa, Hamdani juga berpesan kepada advokat muda Ikadin untuk selalu memiliki rasa tanggungjawab dan berani.

Dalam penilaiannya, Hamdani melihat saat ini advokat hanya unggul secara kuantitas, namun tidak secara kualitas.

“Advokat sekarang tak diperhitungkan, hanya unggul secara kuantitas, kalau dulu, setiap peraturan perundangan baru sah jika dapat rekomendasi dari Ikadin, gitu juga di Sumut, setiap Perda harus dapat rekomendasi IKadin,” kata Hamdani.

Untuk kembali diperhitungkan, Hamdani berpesan agar Ikadin keluar dari sarangnya. Semua itu, menurut Hamdani harus dimulai dari Ikadin Medan.

“Saya kira untuk nyatukan sulit, terjadi proses alam, Ikadin harus keluar dari sarangnya. Berbuat kebaikan dalam kebangsaan maupun ummat. Kejahatan HAM harus dilawan. Semua itu harus dimulai dari Ikadin Medan. Tapi itu kalau konsep kita untuk kebaikan,” pesan Hamdani.

Ketua DPC Ikadin Medan Azwir Agus mengatakan kegiatan buka puasa ini bertujuan untuk memperkokoh kembali Ikadin melalui persaudaraan.

“Sesuai tema, ini bertujuan utk memperkokoh Ikadin, khususnya dalam nilai persaudaraan. Ikadin itu dikenal kuat persaudaraannya. Sejak tahun 80an kita tetap memegang teguh persaudaraan,” jelas Azwir.

Melihat militansi advokat yang menurun,Azwir menyebutkan karena banyaknya organisasi yang muncul. Namun, Azwir menyebutkan pihaknya bersama Peradi akan merangkul kembali untuk meningkatkan kualitas advokat.

“Mungkin militansi advokat sudah menurun karena banyaknya organisasi advokat. Jadi, Ikadin bersama Peradi akan kembali merangkul untuk meningkatkan kualitas advokat. Ikadin organisasi pejuang, bersama LBH, kita akan berupaya tingkatkan kualitas advokat,”katanya.

Sebagai langkah, Azwir menyebutkan pihaknya sejak dini sudah menanamkan mental pejuang kepada advokat muda.

“Kita sudah lakukan upaya. Kita lakukan pendidikan advokat, disitulah kita tanamkan advokat pejuang itu,” pungkasnya. Om-09