Indonesia vs Malaysia: Laga Bertaruh Gengsi!

oleh -622 views
Ilustrasi

JAKARTA – Laga penuh gengi, rivalitas abadi Indonesia melawan Malaysia akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karni (SUGBK), Kamis (5/9/2019) hari ini.

Derby Melayu ini bakalan begitu bergengsi, mengingat ini akan menjadi kiprag perdana kedua tim dalam babak Kualifikasi Piala Dunia Grup G.

Pertandingan sengit dengan gemuruh dukungan supporter bakal menambah panas atmosfer laga dua tim serumpun ini.

Pertama yang harus menjadi catatan, laga ini tak seolah-olah hanya mencari angka semata. Lebih dari itu, ada pertaruhan gengsi nasionalisme di antara kedua negara yang bakal membuat pedas dalam duel Timnas Indonesia melawan Malaysia.

Hal utama yang bakal diharapkan Timnas Indonesia, dan paling utama agaknya dukungan penuh suporter.

Harapan ini merupakan hal lumrah. Mengingat kedatangan puluhan ribu suporter skuat Garuda di SUGBK bakal menjadi teror bagi Timnas Malaysia.

Sudah diakui, teror suporter Indonesia dikenal fanatik dan member tekanan ke tim tamu. Setidaknya ini bakal memudahkan jalan Febri Hariyadi Cs meraih poin penuh.

Simon McMenemy, pelatih Timnas Indonesia mengaku pernah merasakan tekanan dari suporter Indonesia saat masih menangani Timnas Filipina. Menurut dia, perasaan cemas pun begitu menghinggapi anak asuhnya kala itu.

Ia mengisahkan, begitu tertekan dengan guncangan cukup besar karena suporter Timnas Indonesia kala menangani Timnas Filipina

“Hentakan kaki dan bergemuruh ramai, kondisi tersebut membuatnya saya kesulitan untuk sekadar memberikan instruksi kepada para pemain di ruang ganti,” ujarnya sebagaimana dilansir IDNtimes.com

Tak Buat Gentar Malaysia  

Hanya saja, hal itu tak akan membuat Malaysia gentar. Menurut Tan Cheng Hoe, pelatih Malaysia, tekanan suporter tak akan menggangu timnya lantaran hal itu sudah biasa diterima anak asuhnya dalam kompetisi maupun bersama Timnas Malaysia.

“Pemain kami sudah biasa dalam menangani itu, tapi bagi saya setiap pemain tidak boleh terganggu dengan gangguan pendukung lawan. For me football come first,” tukas dia.

Perkiraan susunan pemain:

Indonesia (4-2-3-1): Andritany Ardhiyasa; Andhika Wijaya, Yanto Basna, Hansamu Yama, Ruben Karel; Zulfiandi, Evan Dimas, Saddil Ramdani, Andik Vermansah, Stefano Lilipaly; Alberto Goncalves.

Malaysia (4-3-2-1): Farizal Marlias; Matthew Davies, Shahrul Saad, Adam Nor Azlin, Corbin-Ong; Brendan Gan, Azam Azih, Safawi Rasid, Danial Amier, Hadian Azman; Norshahrul Idlan. (*)