HeadlineMedanPolitikSumatera Utara

Ini Tanggapan Badan Kehormatan Dewan Soal Anggota DPRD Sumut Merokok di Ruang Paripurna

Medan-ORBIT: Menjadi wakil rakyat Sumut seharusnya memberikan contoh yang baik untuk rakyatnya. Namun berbeda dengan kelakuan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumut, Parlagutan Lubis, dari Fraksi PPP.

Dirinya bahkan terlihat santai merokok di ruang Rapat Paripurna DPRD Sumut, Senin (17/9/2018).

Kelakuan yang tak patut ditiru itu mendapatkan kecaman dari masyarakat. Tapi tidak dari Badan Kehormatan Dewan Sumut, Hanafiah Harahap yang menganggap hal tersebut hanya kembali kepada orangnya.

“Itu waktu skors sidang. Kalau diluar sidang apapun namanya kegiatan dewan secara pribadi tidaklah menjadi kewenangan lembaga DPRD. Namun sebagai anggota dewan yang terhormat, kami dihimbau dan diingatkan untuk mematuhi norma- norma yang tertuang  didalam tata tertib dan kepatutan yang hidup ditengah tengah masyarakat,” sebutnya.

Baca juga: Buat Malu, Anggota DPRD Sumut Merokok Padahal Sudah Ada Larangan di Ruang Paripurna

Dirinya tidak membenarkan maupun tidak menyalahkan untuk anggota dewan yang merokok.

“Bukan salah atau benar. Kalau konteks kelembagaaan dan ada pedomannya yakni tata tertib. Jadi semua kembali pada personnya,”urainya.

Namun saat disinggung apakah dibenarkan merokok di dalam ruang rapat paripurna. Sedangkan tanda larangan merokok ada di setiap meja anggota dewan. Hanafiah tak banyak komentar.

“Kalau diluar konteks kelembagaan aku tak bisa berkomentar. Tapi merokok adalah pelanggaran  tata tertib DPRD Sumut,” jelasnya.

Kembali disinggung dengan aturan yang dibuat soal tidak boleh merokok, aturan yang harus dilanggar. Dan apakah sanksi untuk itu. Hanafiah mengatakan ada sangsi teguran.

“Kalau teguran pasti ada,”tegasnya singkat.  Or-11

Komentar Facebook
Tags
Menampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button