Ini Tanggapan Manager PLN Pancur Batu Soal Pembangunan Tiang Listrik dan Kabel

oleh -394 views

MEDAN- Setelah diberitakan Harian Orbit tentang keluhan warga Jalan Bunga Rampai VII Gg PGRI Kelurahan Simalingkar B, Kecamatan Medan Tuntungan yang belum bisa mendapat pelayanan serius dari pemerintah melului PLN selama ini akhirnya mendapat respon dari PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Pancur Batu.

Permintaan warga ke pihak PLN dalam mengoptimalkan pelayanan dengan memperbaiki serta mengganti tiang listrik besi mini ke tiang beton dan mengganti kabel listrik kecil ke kabel strik besar akan segera direalisasikan secepatnya.

Manager PLN ULP Pancur Batu, Harry Sinaga mengatakan bahwa PLN sudah merencanakan pembangunan tiang listrik beton untuk masyarakat di seluruh pemukiman warga yang ada di Jl Bunga Rampai VII Gg PGRI Kelurahan Simalingkar B hal itu sesuai dengan keluhan masyarakat.

“Sebenarnya dari sisi PLN sudah berencana melaksanakan untuk melakukan penggantian tiang beton sekaligus pembenahan action berderet di tahun 2019. Kami sudah mengajukan Program Rencana Kerja (PRK) dalam arti pengajuan 2019 untuk perencanaan penggantian 2020,” kata Manager PLN ULP Pancur Batu, Harry Sinaga kepada orbitdigitaldaily.com, Jumat (3/7/2020).

Menurut Harry dalam situasi sekarang PLN ULP Pancur Batu akan segera mengusulkan untuk perbaikan dan  akan follow-up berdasarkan informasi yang terima.

“Jadi tinggal menunggu hasil survei  terakhir untuk pembenahan. Kami mohon kepada warga di Jl Bunga Rampai VII Gg PGRI agar ikut membantu follow-up dan mengkonsep dalam proses pergantian. Membuat surat permohonan ke pihak PLN guna mempercepat pembangunan,” terangnya.

Harry mengatakan dukungan masyakat di Jl Bunga Rampai VII, Gg PGRI sangat diperlukan dalam membantu terealisasi pembangunan pada tahun ini.

“Mohon agak bersabar apa yang kita rencanakan dapat kita laksanakan tahun ini. Rencana pembenahan tiang-tiang yang tidak standart akan kita ganti termasuk dengan kabelnya. Kabel listrik yang terpasang sekarang itu kan diperuntukan hanya untuk kapasitas kecil dan akan kita tingkatkan sekaligus pembenahan tiang-tiang yang tidak standart,” terangnya.

PLN ULP Pancur Batu kata Harry akan berupaya secepatnya untuk merealisasikan pembangunan dan pergantian tiang beton dan kabel sesuai keinginan warga.

“Yang pasti kita akan memfollow-up dulu, nanti informasi selanjutnya akan kita sampaikan secepatnya begitu juga dengan realisasinya,” terangnya.

Diakuinya bahkan peta dan gambar lokasi pembangunan sudah masuk kedaerah tersebut. “Pokoknya warga bersabar saja,” ujarnya.

Disinggung mengenai pemadaman listrik Harry menceritakan, soal pemadaman yang terjadi di pemukimana warga Jl Bunga Rampai VII Gg PGRI tersebut bukan karena adanya gangguan jaringan listrik di PLN.

Akan tetapi, terangnya, hal itu terjadi dikarenakan kabel pada tiang listrik yang ada di Gang tersebut memiliki kapasitas kecil atau yang biasa disebut sambungan rumah (SR) berderet.

“Sehingga jika banyak warga yang menggunakan listrik disaat bersamaan, kemungkinan itu yang menyebabkan terjadinya gangguan dan membuat listrik padam disitu,” pungkasnya.

Diketahui sebelumnya Edison Nainggolan mewakili warga Jalan Bunga Rampai VII Gg PGRI Kelurahan Simalingkar B, Kecamatan Medan Tuntungan mengatakan, mati lampu di wilayahnya sudah menjadi hal langganan rutin.

Sehingga mewaliki warga Edison meminta kepada pihak PLN untuk mengoptimalkan pelayanan dengan memperbaiki dan mengganti tiang listrik yang lebih layak.

“Ada sebanyak 8 lebih tiang besi yang kami beli. Kami minta kepada PLN untuk mengganti dengan tiang beton lengkap dengan kabel yang layak. Jika bisa semua tiang besi di Jl Bunga Rampai VII, Gg PGRI bisa segera diganti. Supaya pelayanan pemerintah benar hadir ditengah masyarakat,” ujarnya.

Reporter: Antonius Samosir