Jokowi Izin ke DPR Pindahkan Ibukota ke Kalimantan

oleh -79 views
Presiden Joko Widodo ketika mengenakan baju adat suku Sasak, Lombok, ketika memberikan pidato kenegaraan di gedung DPR/MPR RI di Jakarta, Jumat (16/8/2019). Foto: Internet

JAKARTA – Niat Presiden Joko Widodo untuk memindahkan ibu kota tampaknya benar-benar akan terealisasi.

Joko Widodo bahkan telah meminta izin kepada Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) dan Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) untuk memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan.

Hal itu diutarakannya tdalam pidato kenegaraan di Gedung MPR-DPR RI, Jakarta.

Ia merasa momen ketika dirinya memimpin rapat kenegaraan adalah waktu yang tepat untuk meminta izin pemindahan ibu kota negara.

Benar saja, seluruh pejabat dari mulai Eksekutif, Leeslatif hingga Yudikatif berkumpul semua pada hari ini.

“Pada kesempatan yang bersejarah ini. Dengan memohon ridho Allah SWT, dengan meminta izin dan dukungan dari Bapak Ibu Anggota Dewan yang terhormat, para sesepuh dan tokoh bangsa terutama dari seluruh rakyat Indonesia, dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke Pulau Kalimantan,” ujarnya dalam pidato kenegaraan di Gedung DPR-MPR RI, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Menurut Jokowi, pemindahan ibu kota adalah semata-mata untuk mewujudkan pemerataan ekonomi. Karena selama ini ekonomi Indonesia masih bertumpu di pulau Jawa.

“Ini demi terwujudnya pemerataan dan keadilan ekonomi. Ini demi visi Indonesia Maju. Indonesia yang hidup selama-lamanya,” jelasnya.

Menurut Jokowi, ibu kota bukan hanya tentang simbol identitas negara. Melainkan juga mencerminkan kemajuan suatu bangsa dan negara.

“Ibu kota yang bukan hanya simbol identitas bangsa, tetapi juga representasi kemajuan bangsa,” ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji mengumumkan secara langsung lokasi daerah yang akan menjadi ibu kota baru pengganti Jakarta.

Saat ini, yang dapat dipastikan adalah ibu kota akan pindah ke wilayah Kalimantan.

Jokowi sempat menyebut, dirinya bakal mengumumkan di bulan Agustus 2019. Sehingga, ada indikasi mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan mengumumkan ibu kota baru saat pidato kenegaraan pada Jumat (16/8/2019). (*)

Sumber: Okezone