Headline

Jumat, Mendagri Lantik Eko Subowo Jadi Pj Gubernur Sumut

Medan-ORBIT: Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo direncanakan melantik Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan (Dirjen BAK) Kementerian Dalam Negeri Eko Subowo menjadi Pejabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara.

Sumber yang juga pejabat eselon III Pemprov Sumut kepada Orbitdigitaldaily.com, Rabu (20/6/2018) membenarkan Eko Subowo bakal dilantik menjadi Pj gubernur lusa atau Jumat 22 Juni mendatang. Perpindahan tampuk kepemimpinan itu rencananya akan digelar sekira pukul 08.00 WIB.

Pelantikan Eko Subowo itu menyusul habisnya masa jabatan Gubernur Sumut T Erry Nuradi serta pelaksanaan Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sumut yang dilaksanakan 27 Juni mendatang.

“Iya, nama itu ditunjuk sebagai Pj. Meski ada informasi juga saya terima kalau ada pejabat kepolisian bermarga Siregar yang isunya bakal dilantik menjadi Pj gubernur, tapi itu tidak benar,” jelas dia.

Hal senada juga diungkapkan pejabat eselon II Pemprov Sumut yang namanya enggan disebutkan. Dibenarkan dia, sudah ada persiapan pelantikan yang rencananya akan digelar di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumut.

“Benar persiapan pelantikannya sudah ada, tapi nama yang ditunjuk siapa yang akan menjadi Pj gubernur belum sampai ke kita,” jelas sumber itu.

Perihal pelantikan Eko Subowo menjadi Pj gubernur menggantikan T Erry Nuradi juga dibenarkan salahseorang anggota DPRD Sumut. Wakil rakyat yang namanya enggan ditulis itu membenarkan ada pelantikan lusa di gedung dewan. “Iya, benar ada pelantikan di DPRD Sumut,” jelas dia.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya Eko Suwono Januari 2017 lalu dilantik Mendagri Tjahjo Kumolo menjadi Pj Gubernur Provinsi Papua Barat. Dilantiknya Eko Subowo ini setelah berakhirnya masa tugas Gubernur Papua Barat dua periode Abraham O Atururi. Or-07

Komentar Facebook

Artikel Terkait