Kadisdikbud Erdiansyah SPd: ‘ Kita Utamakan Kesehatan dan Keselamatan Anak Didik’

oleh -433 views

ACEH SELATAN – Kesehatan dan Keselamatan anak didik selama masa pandemi covid 19 ini merupakan hal yang utama di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan merupakan tanggung jawabnya sekolah dan Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kabupaten Aceh Selatan Erdiansyah SPd, didampingi Sekrestaris Azhar SPd kepada aorbitdigitaldaily.com Jumat(7/8/2020).

Berdasarkan Surat Edaran (SE) Bupati Aceh Selatan nomor 440/13 pada tanggal 5 Agustus 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat corona virus disease 2019 (Covid 19) di wilayah Kabupaten Aceh Selatan.

Dalam hal ini seluruh sekolah di luar Kecamatan Tapaktuan Samadua itu tetap dilaksanakan Pada hari Senin 10 Agustus 2020 dengan mentaati dan mematuhi peraturan protokol kesehatan dengan terlebih dahulu para tim gugus dari Puskesmas setiap kecamatan untuk meninjau ulang kesiapa setiap sekolah, katanya.

Dan untuk Tapaktuan sekolah yang bisa melaksanakan kegiatan PKBM itu hanya di SD Panton Luas Tapaktuan kemudian untuk Samadua itu ada beberapa sekolah SD yang bisa melakukan kegiatan PKBM.

Hal ini kita merespon dari masyarakat pedesaan dan kecamatan yang datang kepada kami meminta agar anak anak untuk bisa sekolah kembali.

“Ini pun kita hanya mengevaluasi kembali tentang PKBM ini nantinya, seandainya masih terdapat ketularan pandemi ini, maka juga akan segera kita hentikan, namun kita meminta kepada kepala sekolah dan dewan guru serta tim gugus untuk sama sama mendukung program PKBM di setiap kecamatan kecuali Kecamatan Samadua dan Tapaktuan,” katanya.

Hamdani selaku kabid SMP Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan yang dihubungi orbitdigitaldaily.com Jumat (7/8/2020) mengatakan berdasarkan surat edaran dari kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan nomor 411/586/2020 tentang persiapan kegiatan berjalan mengajar tatap muka kepada setiap kepala sekolah baik SD maupun SMP,katanya.

Sekda H Nasjuddin SH.MM. sehubungan dengan akan berlangsungnya PKBM di setiap sekolah yang ada di kecamatan kecamatan dalam Kabupaten Aceh Selatan sangat merespon atas kebijakan pimpinan Aceh Selatan apa lagi dimasa pandemi covid 19 Tapaktuan dan Samadua termasuk sangat tingginya pandemi covid 19 maka tidak ikut PKBM yang mengkwatirkan terhadap anak anak didik, katanya,yang penting sekarang ini harus mematuhi protokol kesehatan,mengenakan masker, jaga jarak, dan cuci tangan dengan hand sanitizer.

Reporter : Yunardi MIS