Kapolres dan Terkelin Edukasi Pengendara Tidak Pakai Masker di Depan Mapolres Karo

TANAH KARO – Jangan anggap remeh akan bahaya penularan Covid-19, tolong jangan sepelekan itu, jaga kesehatan, ayo mari pakai masker kemanapun kita pergi, lindungi diri dengan memakai masker agar terhindar dari penyebaran Covid-19.

Seruan itu disampaikan Bupati Karo, Terkelin Brahmana SH MH saat membagikan masker kepada pengendara kendaraan yang melintas di depan Mapolres Tanah Karo Jalan Veteran Kabanjahe seusai kampanye penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Covid-19, Kamis (10/9/2020).

Dalam penyerahan masker kepada setiap pengendara yang melintas di mapolres Tanah Karo, Terkelin Brahmana turut didampingi Kapolres Tanah Karo, AKBP Yustinus Setyo SH SIK, Ketua DPRD Karo, Iriani Br Tarigan, Dandim 0205 /TK, Letkol Kav Yuli Eko Hardianto.

Hal yang menarik saat pembagian masker itu, ketika Terkelin yang menganakan baju batik tiba-tiba memberhentikan seorang pengendara sepeda motor yang berboncengan dengan istrinya. Spontan saja pengendar kereta itu bingung dan gugup. Karena biasanya, yang menyetop kenderaan yang melintas di depan Mapolres itu, petugas Satlantas berpakaian lengkap. Namun siang itu yang menyetop kenderaan pria berbaju batik.

Untung saja sipengendara dengan sigap langsung menginjak rem, dengan penuh tanda tanya apa gerangan terjadi. Melihat Terkelin mendekatinya dan langsung mengedukasinya tentang bahaya Covid-19 sembari memasangkan masker ke mukanya, sepontan sadar bahwa yang memakaikan masker itu adalah Bupati Karo Terkelin Brahmana. Wajah yang sempat pucat pasih karena tiba-tiba distop oleh orang sipil, berobah tenang dan senyum karena melihat Terkelin.

“Pemerintah terus akan berupaya dan tidak henti-hentinya menghimbau dan mendorong agar tingkat kesadaran dan kepedulian dimasa adaptasi kebiasaan baru masyarakt tidak merasa risih harus pakai masker, sesuai protokol kesehatan,” terangnya.

Sementara saat berdialog dengan Terkelin, pengendara sepeda motor M. Ginting (50) penduduk Kabanjahe, mengaku saat keluar rumah tadi, sangat tergesa gesa , sehingga tidak terpikir dan ingat lagi memakai masker karena buru-buru.

“Saya salut kepada Bupati dan Forkopimda, niat baik memberikan anjuran dan nasihat untuk menyadarkan saya akan pentingnya protokol kesehatan dimasa pandemi Covid-19 ini. Selanjutnya atas nasehat dan anjuran ini, akan sampaikan juga nanti kepada keluarga dan tetangga saya di rumah, agar mereka jangan main-main akan bahaya penularan Covid-19,” ujarnya.

Reporter : Daniel Manik