Kapolres Dapat Gelar Raja Sonak Malela dari Masyarakat Bandar Pulau

Kisaran – ORBIT: Kapolres Asahan AKBP Faisal F Napitupuku SIK MH, Dapat Gelar Raja Adat Sonak Malela dari masyarakat Bandar Pulau. Pemberian adat dilakukan di Desa Buntu Maraja Kecamatan Bandar Pulau Kabupaten Asahan, Senin (18/2/2019).

Kedatangan Kapolres Asahan beserta PJU, Ibu bhayangkari Polsek Bandar Pulau jajaran Polres Asahan, Kadis Kominfo, Kadis Kesehatan, Kadis Pendidikan dan unsur Forkopimcam, disambut dengan tarian adat tortor batak toba dan pengalungan bunga.

Setelah menampilkan tarian adat batak toba dibawa oleh siswa SMA Bandar Pulau naik ke atas panggung. Pemangku adat raja sonak malela boru bere, Ibebere, kemudian penganugrahan kepada Kapolres Asahan AKBP Faisal F Napitupulu

Ketua Goa Sumut Satriawan Guntur menjelaskan, ‘Gomparan Raja Adat Sonak Malela Boru Bere, Ibebere’ berarti Raja Agung yang memegang kekuasaan tertinggi, yang memberikan perlindungan kepada masyarakat dan pengayom rakyat yang tak lepas dari sopan santun.

“Saya sangat menghargai sekali dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kehormatan besar atas gelar Raja Adat Sonak Malela yang telah diberikan kepada saya,” kata Kapolres Asahan AKBP Faisal F Napitupulu

“Ini sebagai pesan harapan dan tanggung jawab untuk selalu mengangkat derajat masyarakat adat Sonak Malela dalam menjaga keamanan dan ketertipan Kamtibmas, agar tidak menyebar ujaran kebencian dan isu hoax,” katanya

Lanjut Kapolres Asahan mengatakan tugas polri sebagai pelayan, pelindung dan pengayom tak hanya itu polisi sahabat masyarakat kita selalu menegaskan humanis kepada masyarakat tegas pada penjahat.

“Giat pengangkatan sonak malela merupakan bentuk sekaligus silaturahmi antara kepolisian dengan masyarakatnya, dengan begitu terjalin hubungan yang humanis.

Semua itu demi terbentuknya kondusifitas kamtibmas, sehubungan di tahun politik pileg dan pilpres 2019 berjalan aman damai.

Pada kesempatan itu juga, AKBP Faisal F Napitupulu memberikan berupa bantuan materi kepada 70 orang fakir miskin masyarakata Bandar Pulau Kabupaten Adahan. Od/01