Karang Taruna Linggabayu Ingatkan Masyarakat Soal Cuaca Ekstrim

oleh -276 views

MADINA-Karang Taruna Linggabayu meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Madina agar tetap siaga terkait potensi bencana mengingat derasnya curah hujan yang mengguyur Madina akhir-akhir ini.

Hal itu disampaikan Ketua Karang Taruna linggabayu Sakti Manrguna SP ketika bincang-bincang di salah satu warung di Kelurahan Simpanggambir , Linggabayu, Jumat (4/9/2020).

“Mengingat akhir-akhir ini curah hujan di Madina sangat intens, dikhawatirkan membawa potensi bencana yang menyebabkan kerugian, apakah itu banjir, longsor, pohon tumbang atau bencana alam lainnya.

Untuk itu BPBD Madina harus tanggap terkait potensi bencana dan mempersiapkan langkah yang tepat untuk mengantisipasi jika terjadi hal yang tak diinginkan,” jelasnya.

Lanjut Sakti Manraguna SP apalagi di daerah pantai barat ini mengingat pemukiman warga bayak didekat Sungai Batang Natal, apalagi masih banyak masyarakat yang trauma dengan tragedi banjir bandang di tahun 2018 silam.


Pemkab Madina juga diharapkan melakulan langkah langkah pencegahan serta persiapan penanganan bencana dalam menghadapi musim penghujan jelang akhir tahun ini.

“Hal ini kita sampaikan sebagai dukungan moril kepada Pemkab Madina khususnya BPBD Madina agar tetap siaga, mengingat kita biasanya akan menghadapi musim penghujan yang rawan bencana di akhir tahun,

“Lakukan langkah preventif untuk meminimalisir potensi bencana. Dan sosialisasikan langkah represif untuk memberikan pemahaman penanganan terhadap masyarakat. Koordinasi dengan Pemerintah tingkat Kecamatan hingga tingkat Desa juga sangat diperlukan mengingat merekalah yang paling mengerti tentang wilayah dan masyatakat masing masing,” terangnya lagi.

Terakhir, Sakti Manraguna SP menghimbau agar masyarakat juga tetap waspada serta mau bersinergi dengan Pemerintah dalam meminimalisir potensi bencana alam tersebut.

“Kita juga menghimbau masyarakat agar waspada dan mau bekerja sama dengan Pemerintah. Bisa dimulai dengan langkah kecil seperti tidak membuang sampah ke aliran sungai agar tak menyebabkan penumpukan yang berujung meluapnya air sungai.

Menghentikan aktifitas penebangan liar, serta saling membantu terkait pemeliharaan pohon pelindung maupun tumbuhan yang berpotensi tumbang dan membahayakan keselamatan,” pungkasnya.

Reporter : Afnan Lubis