Kejari Usut Proyek PSAB Gagal di Dairi, Anggarannya Nyaris Rp1 Miliar

oleh -354 views
Bangunan bak penampungan air terlihat tidak berfungsi sama sekali. Dok

Dairi- ORBIT: Kasus dugaan proyek PSAB gagal di Desa Parbuluan II Kecamatan Parbuluan Kabupaten Dairi bergulir ke ranah hukum.

Informasi dihimpun hingga Sabtu (25/8/2018) Kejaksaan Negeri Dairi kini mulai turuntangan mengusut proyek bernilai nyaris Rp1 miliar tersebut.

Kasipidus Kejaksaan Negeri Dairi Wijaya SH dalam keterangannya membenarkan jika proyek gagal PSAB di desa Parbuluan II tersebut yang berbiaya lebih kurang Rp800.000.000 TA 2016 bersumber dari anggaran DAK itu sudah ditangani untuk dilakukan pengusutan.

Pihaknya disebutkan untuk sementara telah melakukan sprintlid. “Sudah kita tangani dan sprint-lid dari kepala Kejaksaan Negeri Dairi,” ujarnya.

Dikatakannya jika kasus itu diketahui pihaknya berdasarkan dari laporan masyarakat selain itu, pihak kepala desa disebutkannya  tidak mau menerima atau menanda tangani berkas serah terima pekerjaan.

Ditegaskannya lagi jika proyek PSAB gagal itu serius ditangani oleh pihaknya dan meminta wartawan sabar menunggu kabar. “Kita serius menangani kasus ini,” ujarnya mengakhiri pembicaraan.

Sebagai informasi proyek PSAB  yang dimaksud dikerjakan pada 2016 lalu namun tidak dapat dinikmati oleh warga masyarakat desa yang memang sangat membutuhkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Karena dianggap tidak berguna sama sekali pihak kepala Desa Parbuluan II tidak mau menandatangani berita acara pekerjaan.

Kepala Dinas Cipta Karya Kabupaten Dairi Ir Jisler Lumban Gaol didampingi PPK Ir Maruli Berasa ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya malah membantah jika proyek itu dikatakan gagal karena menurutnya pihaknya memiliki dokumentasi video.

“Kita miliki videonya jika air lancar mengalir, dan disaksikan oleh kepala desa sendiri,” ujarnya. Od-Hrp