Kemenkeu RI Nobatkan Tapsel Terbaik Pengelolaan Dana Desa 2023

Tapsel terbaik penyeluran Dana Desa

TAPSEL | Kementerian Keuangan RI menobatkan Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) sebagai pemerintah daerah terbaik ketiga dalam hal pengelolaan Dana Desa Tahun Anggaran 2023 di Sumatera Utara.

Menteri Keuangan RI menyampaikan itu kepada Bupati Tapsel Dolly Pasaribu melalui Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumut, Syaiful, pada acara Treasury Ulos Award Tahun 2023 di Medan, Senin (25/3).

Adapun acara Kemenkeu RI dihadiri Bupati yang mengangkat tema, “Menguatkan Komitmen Implementasi Cashless Society, Menuju Belanja yang Lebih Berkualitas”.

Tujuannya, lanjut Bupati, memberikan motivasi dan mendorong kinerja penyaluran dana desa maupun DAK Fisik untuk pelaksanaan anggaran yang lebih baik pada seluruh pemerintah daerah.

Kakanwil Dirjen Perbendaharaan Sumut, kata Bupati, juga memberikan apresiasi kepada seluruh kepala daerah di Sumut karena mampu merealisasikan anggaran Transfer ke Kas Daerah sebesar 99%.

Selain itu pemerintah daerah diharap terus melakukan peningkatan kualitas perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pelaksanaan anggaran.

Kemudian, peningkatan transaksi keuangan secara non tunai, baik melalui dompet-dompet digital, Qris termasuk penerapan Kartu Kredit Pemerintah.

“Karena, saat ini di Sumatera Utara hanya Kabupaten Tapanuli Selatan dan Kota Medan yang telah mengimplementasikan Kartu Kredit Pemerintah,” ungkap Bupati.

Dalam kesempatan ini Bupati Tapsel Dolly Pasaribu, menyampaikan terima kasih atas kinerja seluruh jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Tapsel termasuk kepada seluruh camat dan kepala desa atas kinerja dan kolaborasi yang baik ini.

“Dan kedepannya kualitas pengelolaan dana APBD di Kabupaten Tapanuli Selatan dapat terus ditingkatkan demi mewujudkan masyarakat Tapsel yang lebih sehat, cerdas dan sejahtera,” pungkasnya.

Reporter : M.Harahap